Otomotif

MODIFIKASI KAWASAKI NINJA 150RR 2 SILINDER

JADI MIRIP BESUTAN GP250

-

Selain

jago bikin motor

4 tak dari single jadi 2 silinder, bengkel Oji Motor 2 Silinder atau OM2S juga gape membuat motor 2 tak jadi multi-silinder. Salah satu karyanya yang fenomenal Ninja RR yang kapasitasn­ya jadi 2 kali lipat.

Motor tersebut milik Anggi Eko Prasetyo yang tinggal di daerah Cibinong, Jabar. Untuk meng- upgrade motornya, ia rela jauh-jauh menyambang­i OM2S yang terletak di Jl. KH. Hasyim Ashari No.16 Gondrong Kenanga, Cipondoh, Tangerang, Banten.

Ubahan terfokus pada mesin, jadi bodi tetap memakai bawaan Ninja RR. Mesin beserta internal juga masih mengandalk­an standar. Untuk menjadi dua silinder, ditambahka­n 1 silinder yang akan menjadi donor.

Dalam prosesnya, Rizky Fauzi alias Oji sang empunya bengkel menggabung­kan dua crankcase menjadi satu. Crankcase pertama di sebelah kanan diambil kedua sisinya, kemudian yang kedua diambil sisi kirinya saja. Lantas digabungka­n menjadi satu menggunaka­n las CO.

Untuk kruk as pun sama, dua bagian menjadi satu. Lanjut ke blok mesin, dua blok digabungka­n menurut crankcase yang sudah dibuat terlebih dahulu. Blok pada sisi kiri dilas menggunaka­n las CO. Oiya, blok mesin menggunaka­n

1855 berwarna emas. Otomatis kapasitas mesin jadi 298 cc!

Dengan kapasitas mesin yang membengkak jadi dua kali lipat, radiator standar tak lagi dapat memenuhi kebutuhan. Agar proses mendingink­an mesin lebih optimal, Oji memasang radiator milik Suzuki GSX 750 yang berukuran lebih besar. Layaknya crank case dan blok, pada head cover ikut digabungka­n treatment yang sama yaitu

menggabung­kan dua cover bawaan Ninja RR. Yang jadi pertanyaan apakah sistem Super KIPS- nya aktif?

Jawabannya ya! Sistem Super KIPS dibuat parallel, berfungsi normal pada kedua silinderny­a. Kerjanya kurang lebih seperti cara kerja karburator four barrel di mobil. Bekerja berbarenga­n menggunaka­n batang besi dan roda gigi.

Untuk mengakomod­asi mesin yang kian lebar, downtube depan dimodifika­si. Ditekuk ulang agar mengakomod­ir crankcase yang lebih lebar. Selain itu, engine

mounting belakang juga mengalami penyesuaia­n. Karena dimensi mesin yang bertambah, sproket depan digeser posisinya, asnya diperpanja­ng.

Untuk suplai bahan bakar ke mesin pakai karburator dari Ninja R berjumlah dua buah, beserta membrannya. Pompa oli samping juga masih aktif, sehingga campuran oli dan bahan bakar selalu terjaga.

Sistem kelistrika­n normal, hanya saja sekarang menggunaka­n dua CDI, pulsar, dan koil. Sedangkan magnet dan kabel bodi tetap satu. Indikator kecepatan dan putaran mesin juga masih bekerja.

Yang tak kalah unik knalpot keluar di kanan-kiri, bikinan Best 3 dari Depok. Secara tampilan jadi mirip besutan GP250 zaman muda dahulu, hehe.

Sayangnya pada saat sesi pemotretan di kawasan stadion Pakansari, Cibinong, ada sedikit masalah pada bagian kelistrika­nnya sehingga kinerja motor tak maksimal. “Pick up- nya lari,” singkat Anggi.

Duh padahal kami penasaran banget sama performany­a! •

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Pelek pakai V-rossi di depan dan belakang. Pengereman wajib di- upgrade tuh! Radiator lebih gambot, comot Suzuki GSX 750 demi pendingina­n maksimal
Knalpot custom full system dengan silencer di kanan dan kiri. Suaranya garing!
Pelek pakai V-rossi di depan dan belakang. Pengereman wajib di- upgrade tuh! Radiator lebih gambot, comot Suzuki GSX 750 demi pendingina­n maksimal Knalpot custom full system dengan silencer di kanan dan kiri. Suaranya garing!
 ?? FOTO: RANDY ?? Dua buah header bikin pangling kalau ketemu dari depan
FOTO: RANDY Dua buah header bikin pangling kalau ketemu dari depan
 ??  ?? Kurang lebih seperti ini mekanisme Sistem Super KIPS-NYA
Kurang lebih seperti ini mekanisme Sistem Super KIPS-NYA
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia