Otomotif

BEKAS RP 5 JUTAAN

-

Skutik kustom (Skutom) jadi tren baru yang meramaikan jagat custom culture. Untuk melakukan personifik­asi lewat skutom, harusnya bisa tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, di lantai bursa motor bekas agak selektif untuk menemukan skutik bekas di bawah Rp 5 juta. Pembatasan harga skutik Rp 5 juta, karena untuk melakukan modifikasi juga membutuhka­n dana. Meski agak sulit, namun jika niat pasti ketemu.

Penasaran, OTOMOTIF berburu ke sejumlah gerai skutik bekas untuk memetakan kisaran harga skutik bekas sebagai bahan meracik skutom. Sayangnya cukup jarang pedagang

menyimpan stok unit dengan banderol di bawah Rp 5 juta, yang umumnya berusia di bawah 2010.

“Kalau cari buat bahan, kita ada satu unit Honda BEAT keluaran 2008. Buka harga di Rp 6 juta masih bisa nego. Soal surat-surat komplit, tinggal pakai jalan aja,” ujar Dedi Alhadad, punggawa Rifqi Rama Motor (RRM) di Joglo, Jakbar.

Dilanjut mampir ke bilangan Jaksel. “Kalau buat bahan modif sih, biasanya yang banyak dicari itu skutik kaya BEAT, Mio dan sebagainya. Cuma di sini barangnya lagi kosong. Kalaupun ada biasanya enggak lama ada di dealer,” kata Cecep, dari Cahaya Motor, di Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jaksel.

Belum puas, berlanjut menyambang­i Rabel Motor di pertigaan Rawa Belong, Jakbar. Sayangnya tak ditemukan skutik bekas di bawah Rp 5 juta. Di showroom ini hanya menawarkan dua model, yaitu Yamaha Mio J tahun 2013 dan Xeon tahun 2011. “Masingmasi­ng dibanderol Rp 6,75 juta dan Rp 7,5 juta. Masih bisa nego,” bilang Ajiono selaku pemilik showroom.

Pencarian dilanjut ke ranah online alias e- commerce. Nah di sini banyak pilihan skutik bekas di bawah Rp 5 juta. Namun perlu dipastikan kelengkapa­n surat-suratnya. Pasalnya, ada sejumlah pedagang yang jual seada-adanya. Sebagai panduan, intip tabel kisaran harga skutik bekas di bawah Rp 5 jutaan.

Selain itu, bisa juga memperleba­r pencarian melalui pemakai langsung. Sama seperti pembelian online, wajib diperhatik­an kelengkapa­n dan keabsahan surat-suratnya.

HANYA MESIN

Berburu skutik bekas buat skutom, memang tak mementingk­an kondisi bodi. Lantaran yang terpakai hanya mesin saja, selebihnya bakal dijejali part custom. Termasuk rangka yang dipotong pada bagian subframe belakang.

“Custom skutik tidak hanya dengan motor keadaan standar. Kalau cuma punya mesin asalkan skutik, kami bisa mengerjaka­nnya, tinggal buat rangka dan bagian bodi-bodinya saja nanti,” jelas Randy Pilar Pamungkas punggawa Rux Motorshop, di Jl. PLN, Blok A, Kelapa Gading, Jakut. •

 ?? FOTO: DOK OTOMOTIF ??
FOTO: DOK OTOMOTIF

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia