Otomotif

PERFORMA

-

Di generasi sebelumnya Accord mengusung dapur pacu 2.4L, namun ini kali pertama, Honda Accord menggunaka­n mesin berukuran ‘hanya’ 1.500 cc, dengan doping turbo.

Hasilnya? Mesin ini termasuk impresif dalam berakseler­asi. Asal tahu, dapur pacu 1.500 cc turbocharg­ed ini mirip dengan yang dipakai All New Honda CR-V 1.5L Turbo.

“Secara basis memang mirip, tapi sebenarnya pada Accord terbaru ini mesinnya merupakan pengembang­an baru. Turbinnya (turbo, red) lebih besar dibanding All New CR-V 1.5L, bentuk exhaust manifoldny­a juga beda,” beber Masao Nakano, Assistan Large Project Leader Honda Accord dari Honda R&D.

Makanya pada All New Accord, meski output tenaga maksimumny­a mirip dengan CR-V, yakni 187,4 dk, namun torsi puncaknya lebih tinggi 20 Nm, yaitu jadi 260 Nm pada 1.600 – 5.000 rpm (CR-V 1.5L Turbo hanya 240 Nm) .

Tak heran bila tarikannya terasa enteng saat gas dibejek. Bodinya yang bongsor seperti tak terasa kepayahan. Meski ia menganut transmisi CVT, namun akselerasi­nya terbilang lumayan ‘galak’.

Apalagi bila menggunaka­n mode Sport, Anda akan merasakan sensasi mengemudi kayak pembalap deh. Begitu mode ini ditekan, panel cluster langsung berubah bernuansa merah. Tachometer puna lebih menarik dilihat, lantaran ada info boost turbo- nya. Asyiknya lagi, buat

Anda yang ingin sensasi ala transmisi manual, tinggal mainkan paddle shift yang ada di balik setir.

Dari hasil pengetesan kami, Accord terbaru ini mampu raih

0-60 km/jam diraih dalam waktu 4,1 detik.

Lantas untuk akselerasi 0-100 km/jam ia mampu catatkan angka 9 detik. Sedangkan akselerasi kecepatan menengah 40-80 km/jam ditempuh hanya dalam waktu 3,6 detik saja.

Konsumsi bahan bakar saat dites dalam kota dengan kecepatan rata-rata 21 km/jam, mampu raih angka 9,5 km/ liter. Saat dibawa jalan jauh, hasilnya 15,8 km/liter. Dan ketika diset konstan di kecepatan 100 km/jam, Accord baru ini bisa habiskan bahan bakar 20,2 km/liter.

Nah, coba bandingkan data pengetesan di atas dengan hasil yang pernah OTOMOTIF dapatkan saat menjajal Honda Accord 2.4L VTI-L ES generasi ke-9 tahun 2016 lalu. Accord 2.4L catatkan waktu akselerasi 0-60 km/jam dalam waktu 4,6 detik.

Lantas untuk data akselerasi 0-100 km/ jam diraih dalam waktu 10,1 detik. 40-80 km/ jam = 4,3 detik. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya, Accord 2.4 VTIL ES dalam kota 9,2 km/liter, luar kota 11 km/liter dan konstan 100 km/jam dapat 17,5 km/liter.

Dari hasil tersebut di atas, tak salah kalau Honda membenamka­n mesin 1.500 cc

berdoping turbo. Secara performa ia lebih baik dari generasi sebelumnya, begitu juga konsumsi bahan bakarnya yang catatkan angka lebih efisien.

 ??  ??
 ??  ?? Mesin 1.500 cc turbonya lebih efisien dan bertenaga dibandingk­an Accord bermesin 2.4L generasi sebelumnya
Mesin 1.500 cc turbonya lebih efisien dan bertenaga dibandingk­an Accord bermesin 2.4L generasi sebelumnya
 ??  ?? Terasa tak seperti mengemudi sedan bongsor. Feeling sporty terasa menyenangk­an. Tarikan enteng saat gas dibejek, apalagi di mode Sport
Terasa tak seperti mengemudi sedan bongsor. Feeling sporty terasa menyenangk­an. Tarikan enteng saat gas dibejek, apalagi di mode Sport

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia