Otomotif

YAMAHAPUAS

-

Sirkuit Red Bull Ring memang bukan menjadi sirkuit favorit bagi para penunggang Yamaha YZR-M1. Sirkuit ini membutuhka­n top speed tinggi dan itu tidak dimiliki Yamaha. Pasalnya motor bikinan Hamamatsu, Jepang itu lebih bagus pada sektor fast corner atau tikungan cepat.

Tapi jika melihat hasil yang diraih para pembalap Yamaha akhir pekan lalau (11/8), mereka cukup puas karena tiga nama pembalap Yamaha bisa mendominas­i lima besar. Fabio Quartararo dari tim Petronas Yamaha SRT melahap start dari baris terdepan dan meraih podium ketiga.

“Bisa podium di Red Bull Ring adalah hal yang tidak kami duga. Apalagi saat saya bisa memimpin di lima lap pertama, itu adalah hal yang sulit. Namun saya belajar beberapa hal mengenai sirkuit ini karena pimpinan lomba pun melakukan kesalahan yang sama di titik yang sama. Itu jadi evaluasi pribadi saya,” kata Quartararo.

“Ini bisa menjadi masukan untuk musim depan, dengan pembelajar­an dan hasil bagus yang saya dapat. Bisa jadi bekal utama di musim depan,” sambung pembalap 20 tahun tersebut. Kepuasan juga dirasakan Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha Motogp).

Start dari posisi 10 dan finish di posisi keempat membawa senyum kepuasan bagi pembalap asal Italia itu. Ia tak menduga bisa melakukan start yang bagus dan langsung mendahului lima pembalap dalam satu kali tarikan gas.

Melihat Marquez dan Dovi sempat melebar di awal lap dan Jack Miller (Pramac Racing) kecelakaan, ia sempat memperhitu­ngkan kalau ia berkesempa­tan podium di Spielberg. “Tapi ternyata tidak semudah yang saya perhitungk­an,” tutur Rossi.

“Saya mendekat dengan Quartararo, tapi ban depan saya kian terkikis. Jaraknya makin menjauh dan mengetahui Maverick Vinales sudah mendekat di belakang saya. Setelah itu saya memilih jaga posisi dan tetap di posisi ke-4, itu adalah hasil yang bagus untuk saya pribadi,” lanjut kekasih dari Fransisca Sofia Novello itu.

Vinales pun menggenapk­an dominasi Yamaha di lima besar. Ini bukti hasil pencerahan dari hasil tes Yamaha di sirkuit Brno, Ceko (5/8). Akselerasi mereka terasa membaik, khususnya di suspensi depan yang menunjang pengereman menjadi lebih optimal.

 ?? YAMAHA RACING ?? Valentino Rossi sukses naik enam posisi saat balapan
YAMAHA RACING Valentino Rossi sukses naik enam posisi saat balapan
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia