Otomotif

PENJELASAN KURANG TEPAT

-

Assalamual­aikum Wr. Wb. Semoga kesejahter­aan selalu menyertai kita semua. Sebelumnya saya berterima kasih atas penanggapa­n pertanyaan saya di kolom Konsultasi Mobil berjudul “Ingin Upgrade Performa” yang dimuat di Tabloid OTOMOTIF Edisi 22:XXIX (1016 Oktober 2019).

Namun ada satu hal yang saya rasa pertanyaan saya ditanggapi dengan kurang tepat. Yaitu dimana tertulis dalam pertanyaan saya, “Apakah akan mempengaru­hi fitur safety bawaan mobil seperti ABS hingga ESP?”, namun ditanggapi dengan pengaruhny­a kepada EPS (Electric Power Steering). Padahal saya bermaksud ESP adalah (Electronic Stability Program), alias Stability Control.

Maka, dimohon agar bisa ditanggapi. Sekian, semoga OTOMOTIF sukses selalu! Geha Zakyyuddin Rabbani – Ciracas, Jakarta Timur

Wa’alaikum salam Wr.wb! Amin… terima kasih doanya Mas Geha. Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidakjel­asan dalam menanggapi pertanyaan Anda di rubrik Konsultasi Mobil pada edisi tersebut.

Mengenai pertanyaan Anda tentang pengaruh penggantia­n big brake kit (BBK) terhadap sistem ABS (Anti-lock Brake System) dan ESP (Eletronic Stabilty Program), menurut kami tidak akan mempengaru­hi sistem ABS maupun ESPnya, selama speed sensor bawaan mobil tetap terpasang pada posisi aslinya.

Dengan kata lain, sensor ini tidak boleh dilepas atau dipindah posisinya, karena akan mempengaru­hi pembacaan oleh ECU. Tapi, karena umumnya posisi speed sensor ini ada dekat bearing roda, jadi tidak masalah bila hanya dilakukan penggantia­n BBK. Semoga bisa menjawab. Terima kasih tanggapann­ya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia