Otomotif

TIPS & TRIK BERBURU

-

Sebelum memutuskan untuk menebus dream cars incaran, ada tips n trik langsung dari pedagangny­a nih. “Tipsnya, kalau mobil memang nilainya mahal sudah pasti tingkat orisinalit­asnya mendekati 100 persen. Kalau murah pasti ada apa-apanya tuh. Misalnya jok dan door trim sudah diganti kulit, mesinnya sudah ‘kanibalan’ sama mobil lain dan sebagainya,” beber Desmiral.

Supaya aman, teliti luar dan dalam. Bahkan kalau perlu ajak rekan yang paham betul riwayat mobil incaran. “Intinya penting untuk mengecek secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli. Kalau sampai salah beli, bakal jadi mobil sampah, enggak ada nilainya seperti mobil pasaran umumnya,” kata pria ramah ini.

Lain hal lagi, Anda juga harus menyiapkan budget lebih untuk biaya perbaikan. Sebab para pedagang umumnya tidak memberikan garansi. Ini untuk jaga-jaga jika suatu saat mobil mengalami masalah.

“Kita tidak ada garansi kendaraan. Kalaupun ada cuma surat-suratnya saja, itupun jika dilengkapi. Dan itu yang kita jamin keaslian suratnya,” ujar Desmiral.

Ia mengatakan, garansi yang dimaksud seperti mesin, kelistrika­n dan kaki-kaki memang tidak ada. “Biar enggak nyesal, sebaiknya cek mobil secara menyeluruh. Boleh sambil ajak montir atau bawa ke bengkel resmi juga silakan, dengan catatan sudah deal. Kalau belum deal sudah dibawa-bawa kita enggak mau. Namanya kendaraan tua, kita kan enggak tahu tiba-tiba mobilnya korslet, mesin bermasalah dan sebagainya. Makanya kita enggak kasih garansi,” jelasnya lagi.

Sementara itu buat pemula yang mulai main mobil hobi, harus paham konsekuens­inya. “Minimal dia harus sudah punya satu mobil di rumah. Jadi mobil hobinya ini jangan dijadikan mobil utama. Ya namanya juga mobil hobi yang rata- rata tahunnya tua, kita kan enggak tahu masalahnya apa dan kapan datangnya. Jadi biar enggak nyusahin waktu dipakai jalan,” pungkas Herjanto Kosasih, Senior Manager Marketing Bursa Mobil WTC Mangga Dua.

 ??  ?? Gerai KJM Garage spesialis menjual mobil-mobil CBU dan JDM
Gerai KJM Garage spesialis menjual mobil-mobil CBU dan JDM

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia