Otomotif

BISA NAIKIN PERFORMA?

-

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan tenaga atau respons mesin motor. Mulai dari mengganti komponen berperform­a tinggi sampai mengoprek mesin. Dan ada juga menggunaka­n metode pemasangan ICA alias Inject Cool Air.

Penambahan ICA di motor dilakukan oleh JDM Project, yang ada di Pangkalan Jati, Jaktim, “Sesuai namanya, ICA ini menambah udara segar ke ruang bakar secara manual melalui isapan lubang intake. Jadi ada peningkata­n tenaga, bensin yang lebih efisien dan turunnya emisi gas buang karena pembakaran yang lebih sempurna,” sebut Joddy owner JDM Project.

Agar bisa pasang ICA, perlu terlebih dahulu melubangi bagian intake, “Tapi untuk beberapa motor sudah ada lubangnya tapi disumpal. Kalau tidak ada perlu dilubangi pakai bor, tapi harus bor duduk supaya gak geser,” sahut Putut Lundiarto ‘pawang’ ICA di JDM Project.

Selanjutny­a tanam nepel sebagai “mulut” intake yang akan tersambung dengan selang, “Nepel harus pakai besi agar kuat saat kena panas. Selangnya pakai selang pneumatic, ini sudah melalui riset panjang dan hanya selang ini yang kuat kena panas, juga tidak menciut saat terkena isapan,” tunjuk pemilik Instagram @putut_labs ini.

Nantinya di ujung selang disematkan pengatur debit udara yang disedot oleh ruang bakar, “Tapi karena udara gak terlihat, jadi pakai tabung berisi air. Indikator banyaknya sedotan dari gelembung yang muncul. Nah bagian ini harus pakai feeling kuat, karena perlu disesuaika­n dengan ritme mesin, seperti setting air screw pada karburator. Setelah selesai, tabung dicabut dan diganti filter,” rinci Putut.

Agar tidak penasaran bagaimana efek pasang ICA, sebuah Yamaha XMAX yang sudah menggunaka­n ICA dibawa ke atas mesin dyno Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport yang ada di Jl. Tenggiri No.4 A Rawamangun, Jaktim.

Sebelum menggunaka­n ICA tenaga maksimalny­a 18,46 dk di 6.870 rpm dengan torsi 19,13 Nm pada 6.870 rpm. Setelah menggunaka­n ICA tenaganya sedikit turun menjadi 18,44 dk di 6.980 rpm, tapi torsi naik menjadi 19,25 Nm pada 6.690 rpm.

Walaupun angka peak power sedikit turun, cuma 0,02 dk, yang sebenarnya bisa dibilang tak ada perubahan karena sangat kecil, tapi dari grafiknya terlihat ada perbaikan tenaga di kisaran 6.700 rpm, di mana penggunaan ICA menyetabil­kan tenaga mesin yang sedikit drop. Begitu juga di putaran 7.500-8.000 rpm terlihat grafik yang menggunaka­n ICA lebih unggul, aliran tenaga tidak langsung drop dan grafik keriting lebih sedikit.

Lalu di putaran 5.500-6.400 rpm AFR jadi lebih lean karena udara yang masuk lebih banyak. Yang perlu diingat, pengetesan dilakukan dalam kondisi WOT ( Wide Open Throttle) alias gaspol. Bukan dibuka secara bervariasi layaknya penggunaan di jalan.

Lumayan kan hasilnya? Minat pasang? Berapa sih harganya? “Untuk skutik 125-150 cc Rp 650 ribu, skutik 250 cc biayanya Rp 750 ribu, dan untuk moge 2 silinder 4 silinder 600 cc ke atas Rp 800 ribu. Pengerjaan kurang lebih 1 jam dan ICA ini free maintenanc­e selama gak diotak-atik,” tutup Joddy. •

Sportisi Motorpspor­t: 0878-8914-2380 JDM Project: 0878-8693-8456

 ??  ?? Meski sedikit mengayun di putaran rendah, tapi putaran tengah dan di putaran atas grafik menggunaka­n ICA (hijau) lebih baik
Meski sedikit mengayun di putaran rendah, tapi putaran tengah dan di putaran atas grafik menggunaka­n ICA (hijau) lebih baik
 ?? FOTO: FARIZ ?? Bagian intake dilubangi dan ditanam nepel sebagai jalur isap udara segar baru
FOTO: FARIZ Bagian intake dilubangi dan ditanam nepel sebagai jalur isap udara segar baru
 ??  ?? Tabung berisi air ini untuk mengukur banyaknya udara yang diisap berdasarka­n gelembung udara
Tabung berisi air ini untuk mengukur banyaknya udara yang diisap berdasarka­n gelembung udara
 ??  ?? Di ujung selang nantinya diberi lubang dengan filter untuk menjaga udara bersih yang masuk, tidak ada perawatan untuk ini
Di ujung selang nantinya diberi lubang dengan filter untuk menjaga udara bersih yang masuk, tidak ada perawatan untuk ini

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia