Otomotif

PENYEBAB LAMPU CEPAT MATI

-

Selamat sore bro, mau nanya nih, kalau headlight motor cepet mati apa penyebabny­a? Sekalian solusinya biar awet? Thanks bro solusinya. Hormat saya,

Hinjun Juarini – Bandung, Jawa Barat

Selamat sore juga Kang Hinjun. Headlight yang dimaksud bohlamnya kan? Bohlam lampu utama cepat mati memang konsekuens­i sejak diterapkan aturan AHO ( automatic headlight on), hal ini karena sebuah bohlam memang punya batas usia, yang didasarkan pada lamanya menyala, sekian ribu jam, bisa beda-beda tergantung kualitas.

Nah dengan diterapkan­nya AHO, maka bohlam otomatis langsung menyala sejak mesin hidup, bahkan ada yang bersamaan dengan kontak di putar ke on, sehingga usia bohlam akan cepat mati atau putus. Beda dengan ketika dulu, saat belum ada aturan AHO, bohlam seakan jadi lebih awet karena hanya dinyalakan saat berkendara di malam hari.

Atas dasar hal di atas, maka tak heran jika sekarang motor baru kebanyakan pakai LED, karena usia pakainya memang sangat panjang. Bisa dibilang, jika kelistrika­n sehat maka tak akan pernah putus.

Bagaimana lampu yang pakai bohlam biar lebih awet? Pertama tentu pilih bohlam asli, yang kualitasny­a terjamin jadi punya daya tahan lebih lama. Beda dengan bohlam abal- abal, tentu kualitas tak bisa diandalkan dan cepat putus.

Selanjutny­a, pastikan kinerja kelistrika­n terutama regulator dan massa masih bagus, jadi tegangan yang dikirim ke bohlam tidak berlebihan yang bisa mengakibat­kan usia bohlam jadi pendek. Gitu kang!

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia