Otomotif

TIGA KATEGORI BARU PENILAIAN

-

Ajang penghargaa­n Motor Plus Award (MPA) kembali digelar (8/10). Tahun ini total 142 motor dari lima pabrikan anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang masuk nominasi. Mereka antara lain Astra Honda Motor (AHM), Yamaha Indonesia Motor Manufactur­ing (YIMM), PT Suzuki Indomobil Motor, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dan TVS Motor Company Indonesia.

“Untuk tahun ini metode penilaian terhadap motor berbeda dibanding penyelengg­araan MPA sebelumnya yang terletak pada akurasi teknis dengan serangkaia­n tes, seperti dynotest, konsumsi BBM dan dan riding impression. Kalau sekarang kebalikann­ya, kita nilai dari sisi non teknisnya,” ujar Niko Fiandri selaku Redaktur Pelaksana Motor Plus Online.

Tahun ini, MPA memberikan 26 penghargaa­n yang terbagi menjadi tiga kategori. Yaitu Best Buy, Best Resale Value dan Best Total Cost Ownership.

Untuk kategori Best Buy, penilaian dilakukan dengan cara membanding­kan harga motor dengan fitur, teknologi dan spesifikas­i performa (tenaga dan torsi).

Sedangkan kategori Best Resale Value, penilaian dilakukan berdasarka­n angka persentase penurunan harga jual alias depresiasi setelah motor dibeli dan dipakai selama setahun.

Lalu yang terakhir kategori Best Total Cost of Ownership. Yaitu penilaian yang dilakukan dengan menghitung biaya motor baru yang dibeli dan dipakai selama setahun atau 12.000 km. parameter yang dihitung antara lain pengeluara­n BBM, biaya servis dan pengeluara­n pajak kendaraan bermotor (PKB).

Berikut daftar pemenangny­a. ●

 ??  ?? Motor Plus Award 2019 RASPATI
Motor Plus Award 2019 RASPATI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia