Otomotif

RESTORASI ALA ENAM NEGARA

-

Toyota

Corolla DX hingga kini masih jadi incaran para penggemar mobil retro keluaran ‘80-an. Modelnya yang timeless, ditambah masih banyaknya spare part dan aksesorisn­ya, serta mudah untuk dimodifika­si, membuat Corolla DX tetap digemari.

Salah satu fans berat mobil yang dijual di Indonesia tahun ‘80 sampai ‘83 ini, yaitu Gilang Pramono Seto. Corolla DX 1982 yang ada di halaman ini miliknya. “Saya dapat mobil ini dalam kondisi full orisinal di daerah Jawa Tengah,” ucap Gilang, sapaan akrabnya.

Meski kondisi aslinya bagus banget, Gilang tetap merestoras­i Corolla DX ini. “Restorasi dan sedikit modifikasi dengan aksesori yang sesuai tahunnya dan memang untuk Corolla DX,” bilangnya. Part OEM yang dipakainya diambil dari KE70 Amerika (USDM), Jepang (JDM), dan Australia (AUDM).

Sedangkan untuk part JDM, ia pakai milik Corolla 1600 GT yang akrab disebut DX GT di Indonesia. “Interior yang banyak pakai part GT, spidometer, setir wood panel juga toggle switch buat spion tanduk elektrik GT,” tukas Gilang. Sementara di sektor kaki-kaki, untuk pelek ia pakai OEM KE70 versi Australia berukuran 14x5,5 inci, “Ini juga termasuk langka,” ujar pemukim di Pejaten, Jaksel.

Lalu di bagian eksterior, selain spion tanduk GT, ia sudah mengganti tampang depannya pakai KE70 versi Amerika. “Beda di lampu dan headlamp, corner lamp dan grillnya,” jelas ayah 2 anak ini. Sementara lampu belakang pakai stoplamp Corolla SR Jepang dan bumper depan belakang sudah ganti pakai DX 1983 yang berbahan karet.

Untuk aksesori, ia menambahka­n ducktail Foha 1445 khusus KE70 buatan Austria, “Ducktail Foha ini juga sudah jadi barang langka, karena sudah sulit banget mendapatka­nnya,” seru pria berkacamat­a ini.

Sementara di interior, ia mengganti jok depan dengan Recaro Spectrum orange buatan Jerman. “Jadi, sebenarnya kalau ditotal mobil ini melibatkan 6 negara. Basisnya pakai DX Indonesia, part OEM dari Jepang, Amerika dan Australia, lalu aksesoriny­a dari Austria dan Jerman, hahaha..,” gelaknya. Luar biasa rapi! • Eksterior : Grill, headlamp, corner lamp, bumper depan belakang Corolla USDM, stoplamp Corolla SR, spion tanduk elektrik Corolla 1600 GT, ducktail Foha 1445. Interior : Setir dan wood panel Corolla 1600 GT, speedomete­r Corolla 1600 GT, karpet replika OEM DX Aussie, jok Recaro Spectrum orange

Kaki- kaki : Pelek OEM Corolla Australia 14x5,5 inci, gardan LS 2 way TRD. Mesin : Gearbox K50 5 speed PNP, final gear 4,3

modifikasi

 ??  ?? Tampak depan pakai part OEM dari Amerika
Tampak depan pakai part OEM dari Amerika
 ??  ??
 ??  ?? Interior pakai part Corolla 1600 GT dan Recaro
Interior pakai part Corolla 1600 GT dan Recaro
 ??  ?? Mesin standar, tapi transmisi ganti yang 5- speed dan gardan sudah pakai Limited Slip Differenti­al TRD
Mesin standar, tapi transmisi ganti yang 5- speed dan gardan sudah pakai Limited Slip Differenti­al TRD

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia