Otomotif

PENJUALAN MOBIL HYBRID MENINGKAT

-

Belakangan minat masyarakat terhadap mobil listrik berbasis teknologi hybrid, semakin meningkat. Hal tersebut terlihat dari tren penjualan mobil hybrid Toyota yang mengalami peningkata­n signifikan pada tahun ini. Apalagi dengan bertambahn­ya jumlah varian produk hybrid yang ditawarkan.

PT Toyota-astra Motor ( TAM) tahun ini mendatangk­an tiga varian baru hybrid mereka, yaitu Camry Hybrid, C-HR Hybrid dan Corolla Altis Hybrid.

“Minat masyarakat terhadap mobil elektrifik­asi semakin tinggi. Ini sejalan dengan sosialisas­i kebijakan pengembang­an industri mobil elektrifik­asi yang dilakukan pemerintah, peningkata­n minat masyarakat itu tentu juga tidak terlepas dari meningkatn­ya kesadaran terhadap lingkungan hidup. Dan yang tidak kalah penting, pengetahua­n konsumen terhadap mobil elektrifik­asi juga semakin luas,” beber Anton Jimmi, Marketing Director TAM.

Sejauh ini, kehadiran varian C-HR Hybrid berhasil mendongkra­k penjualan mobil hybrid Toyota brand menjadi rata-rata 88 unit per bulan sepanjang April-agustus 2019. Peningkata­n ini membuat total penjualan mobil hybrid Toyota di Indonesia menjadi lebih dari 2.200 unit.

“Sama seperti C-HR Hybrid, kehadiran varian Carolla Altis Hybrid pada September lalu kami harapkan juga bisa lebih mendongkra­k penjualan mobil hybrid di bulan- bulan mendatang. Kami optimis prospek pasar mobil hybrid akan terus meningkat,” kata Anton.

Harga C-HR Hbyrid dan Corolla Hybrid cukup bersaing. C-HR hybrid ditawarkan pada harga Rp 523 juta,

hanya Rp 30 juta lebih tinggi dibandingk­an varian biasa Rp 493 juta. Sedangkan Corolla Hybrid dipasarkan Rp 566 juta atau hanya berbeda Rp 77 juta dibandingk­an varian biasa.

Secara total, penjualan mobil hybrid Toyota di Indonesia sejak 2007 hingga Agustus 2019, mencapai 2.284 unit. Toyota Camry Hybrid merupakan mobil hybrid yang paling banyak terjual selama kurun waktu tersebut, yaitu sebanyak 1.469 unit atau berkontrib­usi sekitar 64,3% dari total penjualan hybrid Toyota. Disusul C-HR Hybrid sebanyak 245 unit, yang berkontrib­usi sekitar 10,7% dari total penjualan.•

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia