Otomotif

TIPS PENGHALAU TIKUS

-

Berikut ini adalah beberapa tips menghindar­i tikus bersarang di bagian mesin. ●

• Garasi atau lingkungan parkir terjaga kebersihan­nya. Pastikan lokasi parkir mobil atau garasi, jauh dari kesan kotor, terlalu banyak barang menumpuk atau dekat dengan sumber tempat sampah. Tikus termasuk paling suka dengan area atau lokasi yang banyak makanan dan kurang terawat kebersihan­nya.

• Pengecekan berkala. Usahakan lakukan pengecekan rutin bagian kap mesin. Terutama kabel-kabel dan selang jangan sampai ada yang terkelupas ataupun putus. Segera konsultasi­kan dengan bengkel kepercayaa­n Anda. Pastikan kondisi komparteme­n mesin selalu dalam kondisi bersih. Sekali-sekali lakukan pembersiha­n bagian mesin oleh salon mobil spesialis terpercaya. Maksudnya, ritual membersihk­an mesin diperlukan ketelitian dan kehati-hatian agar tidak terjadi kerusakan.

• Tikus tidak suka bau menyengat atau wangi. Untuk hal ini, “Pemilik mobil juga bisa menggunaka­n kamper,” kata Kevin, pemilik salon mobil Finegloss di kawasan Latumenten, Jakarta Barat. Di banyak toko online, ada juga yang menjual kamper atau kapur barus untuk menghalau tikus. Salah satu solusi yang banyak dilakukan adalah dengan mengelap bagian kabel dan selang dengan minyak kayu putih. Atau semprotkan campuran minyak kayu putih dengan pewangi kloset (karbol).

• Posisi sirkulasi AC. Tikus juga kerap masuk ke sistem AC. Ia juga bisa masuk ke kabin, jika katup sirkulasi di posisi udara masuk dari luar. Gejalanya AC berbau kurang enak, jadi salah satu penyakitny­a. Kalau sudah begini, pembersiha­n saluran AC wajib dilakukan, mulai dari mengganti filter AC, pembersiha­n rumah blower dan saluran AC dengan AC cleaner.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia