Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Aprilia Shiver 900 hadir dengan serangkaia­n fitur serta teknologi yang menarik. Dimulai dari panel instrumen dengan layar TFT full colour berukuran 4,3 inci. Display ini mendukung Aprilia Multimedia Platform dengan sistem APRILIA MIA yang terintegra­si. Layaknya MIA di Vespa GTS 300 Super Tech, di sini memungkink­an pengendara untuk mengatur call management, music, navigation, dan intercom. Terhubung ke aplikasi V4-MP di smartphone via Bluetooth.

“Tapi untuk intercom harus nambah alatnya sendiri, seperti SENA yang umum dipakai,” tambah Yudi.

Berkat penggunaan ride-by-wire, terdapat tiga buah riding mode yakni, Rain, Tour, dan Sport. Riding mode mengatur karakter tenaga dan intervensi traction control. Mode Sport lebih instan dalam menyalurka­n tenaga.

“Saat mode Rain keluaran tenaga dibatasi hanya sekitar 70 dk. Sedangkan Tour dan Sport jumlah tenaga sama hanya responsnya yang berbeda,” terang Adi Tristianto, Sales Training & Homologati­on Manager, PT PI.

Traction control terbagi menjadi 3 tingkat, semakin besar angkanya semakin besar pula intervensi­nya.

Aprilia juga menyematka­n otak manajemen mesin terbaru dari Magneti Marelli 7SM di Shiver 900.

Terdapat pula USB charging port yang terletak di bagian bawah setang sebelah kiri.

Pada bagian roda, pakai cakram ganda 320 mm di depan dijepit oleh sepasang kaliper radial dengan 4 piston. Sedangkan belakang 240 mm dengan kaliper satu piston. Rem tentu dikawal sistem ABS ( Anti-lock Braking System). ABS dual-channel ini bisa dimatikan atau dinyalakan. Meskipun setiap kali menyalakan motor, ABS akan otomatis

ON demi keselamata­n. Aprilia secara cermat menempatka­n modul ABS di cowling bawah, pemanfaata­n ruang yang maksimal.

Suspensi depan upside down berdiamete­r as 41 mm dapat disetel preload dan rebound melalui sekrup di ujung atas sok sisi kanan. Sementara sokbreker belakang diletakkan menyamping untuk memberi ruang pada underseat muffler. Monoshock dari Sachs ini juga dapat disetel preload dan rebound.

 ??  ?? Panel instrumen TFT 4,3 inci, tampilan otomatis berubah saat siang atau malam
Panel instrumen TFT 4,3 inci, tampilan otomatis berubah saat siang atau malam

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia