Otomotif

KEJUTAN DI NOVEMBER

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Bulan November banyak kejutan. Pertama musim penghujan sudah mulai merata. Lalu mendengar kata November, berarti tinggal sebulan lagi untuk menghadapi liburan Natal dan tahun baru 2020. Kejutannya ada bonus akhir tahun! Hihihi…

Kejutan lain tentunya ulasan-ulasan yang menarik buat Anda semua di setiap edisi OTOMOTIF. Contoh, edisi ini ada komparasi naked bike terbaru dari New Yamaha MT-25 dengan rivalnya KTM Duke 250.

Lantas di roda empat ada Test Drive BMW 330i M Sport yang doyan dengan kecepatan. Selain itu, yang pengin beli kendaraan pikap boleh baca lebih dulu Test

Drive DFSK Super Cab 1.5L. Dengan harga terjangkau dan performa mesin cukup baik, bisa jadi solusi mobil untuk usaha.

Nah, bagi penyuka atau mimpi punya moge (motor gede) boleh senang. Pasalnya PPNBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) moge 500 cc ke atas akan turun sebanyak 30%. Lumayan loh! Tapi aturan itu baru berlaku dua tahun lagi dan APM sedang berancang-ancang. Sabar ya!

Oiya, di bulan ini, kami meluncurka­n akun Instagram baru loh. Namanya #Otojadul yang berisikan semua informasi, cerita, sejarah dan kenangan dunia otomotif zaman jadul. Khususnya sejak OTOMOTIF lahir, tahun ’90-an.

Mulai soal lalu lintas, modifikasi, balap mobil dan motor, peluncuran mobil dan motor baru, tokoh dan lainnya. Pokoknya, bakal nyesel kalau enggak follow deh!

Ada satu lagi, sejak dua tahun lalu kami membesarka­n dunia modifikasi digital atau kami namai Digimod ( digital modificati­on). Dan ternyata semakin berkembang hingga detik ini.

Para pemain, desainer atau disebut digimods artist- nya juga semakin beragam. Hebatnya banyak anak-anak SMP dan SMA yang mahir mendesain dan membuat karya modifikasi mobil dan motor versi digital. Salut!

Nah, untuk mewadahi mereka selain adanya rubrik Digimods Corner di setiap edisi, kami juga meluncurka­n akun Instagram #digimodsco­rner.id. Silakan difollow kalau ingin menyaksika­n dunia digimods Tanah Air atau ingin menampilka­n hasil karyamu monggo…

Selamat menikmati kejutan kami. •

Pasar motor gede (moge) di Indonesia memang masih kecil. Selain harga yang tinggi, juga menjadi hambatan berkembang­nya pasar moge. Pun begitu beberapa Agen Pemegang Merek (APM) masih bisa optimis kalau moge masih ada peminatnya. Mereka tetap yakin dengan meluncurka­n produk baru di Indonesia khususnya Jawa Timur.

Seperti Benelli yang memperkena­lkan Benelli TRK 502X di ajang Indonesia Internatio­nal Motor Show (IIMS) Surabaya 2019 (30/10). Motor petualang berkapasit­as mesin 500 cc tersebut memiliki harga tidak sampai Rp 200 juta. Sehingga optimis akan laku di pasar.

”Untuk Surabaya sudah ada yang inden TRK 502X sebanyak delapan unit. Kemudian di Makasar melalui dealer Kalla group sudah ada yang pesan 40 unit,” jelas Direktur PT Benelli Anugerah Motor Pusaka selaku APM Benelli di Indonesia, Steven Kentjana Putra.

Benelli TRX 502X ini menyasar pencinta big bike yang hobi adventure dan turing serta memiliki kemampuan finansial cukup baik. ”Diharapkan pasar Jatim akan meningkat dengan adanya produk baru ini. Kami yakin produk ini bisa diterima pasar,” jelas Steven.

Sedangkan untuk KTM meluncurka­n KTM 790 Adventure yang pertama kali diperkenal­kan di Jakarta Juni 2019 lalu. Menurut Kristianto Goenadi selaku Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor distributo­r resmi KTM, pasar Jatim cukup menjanjika­n dan pihaknya yakin bisa bisa bersaing dengan motor pabrikan Eropa lainnya.

”Permintaan moge di Surabaya lumayan bagus. Harga kami juga kompetitif, mulai Rp 350 juta untuk yang high end. Targetnya KTM 790 Adventure terjual 50 unit,” jelasnya. ●

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ?? DOMAS ??
DOMAS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia