Otomotif

MESIN ERTIGA 2016 MULAI NGELITIK

-

Selamat sore Bung Andhika. Salam kenal dari Parung, Bogor. Ada yang ingin saya tanyakan nih mengenai Suzuki Ertiga GL keluaran 2016. Akhir-akhir ini setelah mobil dijalankan agak lama, mesinnya suka terdengar suara ngelitik. Padahal bahan bakarnya tak pernah pakai di bawah RON 90. Bahkan sering juga isi Pertamax, namun ngelitik masih suka terjadi.

Apakah ada masalah pada mesin, sehingga membuat hal itu (ngelitik) terjadi? Soalnya teman saya yang juga pakai Ertiga, mesinnya fine-fine saja pakai bahan bakar RON 90. Kalau iya ada masalah pada mesin, bagaimana cara mengatasin­ya agar mesin tak lagi ngelitik? Saya khawatir mesinnya nanti kenapa-kenapa saat mobil sedang dikendarai.

Sekian dulu pertanyaan dari saya, mohon pencerahan­nya. Terimakasi­h!

Sofyan – Parung, Bogor, Jabar

Selamat sore juga Kang Sofyan di Parung! Salam kenal juga dari kami. Mengenai masalah ngelitik yang terjadi pada Ertiga Anda itu, penyebabny­a bisa beberapa hal. Salah satunya jika bahan bakar yang dipakai sudah sesuai dengan anjuran pabrik, namun tetap muncul kendala detonasi, ada kemungkina­n ruang bakar mesin Ertiga Anda itu sudah banyak ditumpuki deposit atau kerak. Deposit ini selain membuat volume ruang bakar mengecil (efeknya bikin tekanan kompresi jadi tinggi), juga ketika suhu ruang bakar terlalu panas, kerak tersebut akan menjadi bara api. Nah, karena jadi bara api, maka akan memicu terjadinya pembakaran dini.

Logika teknisnya, sebelum busi memercikka­n listrik untuk membakar kabut gas yang disemprot oleh injektor ke ruang bakar, bara dari kerak terebut sudah lebih dulu membakar kabut gas. Maka timbul lah detonasi atau ngelitik tadi.

Saran saya, coba lakukan pembersiha­n ruang bakar, dengan cara ‘digurah’ menggunaka­n cairan engine cleaner. Toh kini sudah banyak pilihannya di pasaran. Cara ini Anda lakukan di bengkel resmi maupun bengkel umum.

O iya sekadar informasi, untuk usia pemakaian kendaraan yang baru 2,5 tahun saja ketika kami coba cek ruang bakarnya menggunaka­n endoskopi, ruang bakarnya sudah banyak dihinggapi deposit loh. Dan memang mesin mobil tersebut sering mengalami detonasi. Padahal bahan bakar selalu pakai minimal RON 90. Setelah ruang bakarnya dibersihka­n, kendala ngelitik tak lagi terjadi.

 ??  ?? F.YOSI
F.YOSI
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia