Otomotif

PERJALANAN LINTAS BENUA DEMI KONSUMEN

-

Proses belajar bisa dilakukan dimana saja. Bahkan dalam sebuah perjalanan sekalipun. Demikian juga ketika membuat mobil. Untuk mengetahui dan melakukan proses pembelajar­an bagi karyawanny­a, Toyota menggelar perjalanan 5 Continents Drive. Ini merupakan project Genchi Genbutsu berskala global.

Dalam project tersebut memberi tantangan pada karyawan untuk bisa merasakan langsung mobil di jalanan umum. Mendengar masukan dari konsumen, manufaktur, dealer dan komunitas sebagai stakeholde­r Toyota. Maksudnya untuk dapat terus membuat ‘ ever-better cars’ untuk sekarang dan masa datang.

Perjalanan ini sendiri berawal pada 2014. Titik berangkat awal di Melbourne, Australia. Kemudian menuju Amerika (2015), Amerika Latin (2016), Eropa (2017), Afrika (2018), dan Timur Tengah ( awal 2019).

Dalam setiap perjalanan, tentu melalui rute-rute yang cukup ekstrem. Berbatu, berdebu, tanjakan dan turunan curam, serta kondisi alam lainnya.

Selama perjalanan 2014-2018, tim 5 Continents Drive sudah menempuh jarak sejauh 89.000 kilometer selama 350 hari dan melibatkan 480 karyawan Toyota. Untuk 2019 ini, tim akan berkendara di Asia sebagai daerah yang menjanjika­n. Kegiatan ini diharapkan, para karyawan mendapatka­n ilmu dan pengalaman yang tak bisa didapat saat uji coba.

Indonesia menjadi salah satu host perjalanan yang dimulai pada 12 November. Jarak yang ditempuh lebih dari 1.000 kilometer.

Dalam perjalanan ini, Toyota Motor Corporatio­n ( TMC) juga mengajak tim balapnya, Toyota GAZOO Racing ( TGR). Tim ini melihat balap merupakan suatu pengujian yang sangat ketat dan berat, sehingga cocok untuk dijadikan wahana pengembang­an produk massal. TGR juga yakin kalau jalan umum menjadi tempat yang pas untuk kendaraan yang andal, berkualita­s, sesuai kebutuhan dan punya daya tahan tinggi.

Pelajaran yang diambil dari perjalanan 5 Continents Drive turut mengembang­kan kapabilita­s dan kompetensi karyawan Toyota untuk senantiasa menghadirk­an ‘ ever-better cars’ untuk memenuhi kebutuhan konsumen terhadap mobilitas.

Semua informasi yang didapat selama perjalanan, tentu akan dijadikan acuan untuk membuat

yang lebih sesuai dan lebih baik di masa depan. Tentu ini menjadi tantangan bagi Toyota untuk bisa membuat kendaraan global yang sesuai dengan tren dan kebutuhan pasar.

Untuk urusan ini sebenarnya Toyota sudah memulainya. Ada mobil yang dikembangk­an dari project Innovative Internatio­nal Multi-purpose Vehicle (IMV). Yakni Toyota Fortuner, Kijang Innova dan Hilux untuk Indonesia dan sebagian Asia.

Toyota Indonesia sudah menerapkan semangat Genchi Genbutsu sejak dulu pada setiap produk yang dihadirkan untuk konsumen.

Dua contoh produk hasil semangat Genchi Genbutsu adalah Toyota Kijang dan Toyota Avanza. Kedua mobil ini telah didesain sedemikian rupa sesuai kondisi jalan dan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Sehingga sekarang, Toyota Kijang menjadi mobil keluarga yang legendaris di Indonesia dan Toyota Avanza menjadi salah satu mobil keluarga paling laris di Indonesia.•

 ??  ?? Lintasan panas dan berbatu ikut diterjang
Toyota Prius PHV juga ikut jadi peserta
Berbagai mobil ikut dalam 5 Continents Drive ini
Para peserta merupakan karyawan Toyota
Lintasan panas dan berbatu ikut diterjang Toyota Prius PHV juga ikut jadi peserta Berbagai mobil ikut dalam 5 Continents Drive ini Para peserta merupakan karyawan Toyota

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia