Otomotif

CARA SEDERHANA DONGKRAK 3 DK

-

New Yamaha MT-25 tidak banyak mengalami perubahan di sektor mesin dan sistem injeksi jika dibanding generasi sebelumnya. Ini bisa dicek dari kode ECU dan power yang dihasilkan di mesin dynamomete­r.

“Power masih sama dengan MT25 dan YZF-R25 lawas yang berada di kisaran angka 25,5 dk,” ungkap Atang Suhara, salah satu mekanik bengkel Pro Tuner. Kode ECU antara yang lama dan baru masih sama, yaitu 1WD–H591A-01.

Dengan mesin termasuk ECU yang sama, berarti untuk meningkatk­an performa New MT-25 bukan hal yang sulit. Rata-rata bengkel sudah pegang patokannya. Salah satunya dengan cara remapping ECU bawaan seperti yang ditawarkan Pro Tuner yang berada di Jl. Raya Kerobokan NO.86A, Kuta, Badung, Bali.

Untuk jasa remapping, Pro Tuner mematok dari Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta. “Tergantung speknya apa dan lamanya mapping di atas dyno,“jelas Atang.

Atang menambahka­n, dalam proses remapping atau flash ECU asli MT-25 atau YZF-R25, ternyata banyak fitur yang bisa diubah di dalamnya. Bukan cuma limit RPM, mapping bahan bakar, timing pengapian, termasuk suhu penyalaan kipas radiator juga bisa diubah sesuai kebutuhan.

Proses mapping pun tidak mudah, mesti menggunaka­n AFR meter dan menjajal di dynamomete­r agar aman dan hasilnya maksimal. Selain itu, juga mesti dikombinas­i dengan tes jalan.

Agar kenaikan performa bisa lebih maksimal, remapping ECU juga dikombinas­ikan dengan penggantia­n dua komponen pendukung, yaitu knalpot dan filter udara. Kali ini knalpot pakai produk Scorpion full system yang banderolny­a sekitar Rp 7 juta, dan air filter Ferrox replacemen­t yang biasa dijual Rp 500 ribu.

Sebagai catatan MT-25 di mesin dyno milik Pro Tuner membukukan angka tenaga maksimal 25,5 dk dengan torsi 17,5 Nm. Ketika knalpot diganti Scorpion tanpa ubahan apapun, tenaga naik jadi 26,4 dk tapi torsi justru turun jadi 17,4 Nm.

Berikutnya air filter diganti dengan Ferrox tipe replacemen­t dan diiringi remapping ECU asli, yang timing pengapian sudah ditinggika­n dan fuel mapping juga sudah diubah, limit putaran mesin juga digeser di angka 15 ribu rpm. Didapat power maksimal jadi 27,8 dk dan torsi jadi 18,95 Nm, tapi ini knalpotnya masih pakai DB killer.

Begitu DB killer dilepas, tenaga jadi 28,9 dk dan torsi 19,34 Nm. Artinya dari perubahan yang dilakukan, ada kenaikan performa cukup signifikan.

Tenaga naik sekitar 3,4 dk dan torsi 1,84 Nm, satu lagi napas mesin juga tentu jauh lebih panjang.

 ??  ?? Air filter pakai Ferrox, udara lebih mudah masuk
Ini grafik hasil dyno standar dibanding yang sudah di- upgrade
Air filter pakai Ferrox, udara lebih mudah masuk Ini grafik hasil dyno standar dibanding yang sudah di- upgrade
 ??  ?? Remapping ECU bawaan motor, mengubah berbagai parameter agar lebih optimal PRO TUNER: 0813-3837-9008
Remapping ECU bawaan motor, mengubah berbagai parameter agar lebih optimal PRO TUNER: 0813-3837-9008
 ??  ?? Knalpot andalkan Scorpion full
system, DB killer dilepas tenaga lebih maksimal
Knalpot andalkan Scorpion full system, DB killer dilepas tenaga lebih maksimal

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia