Otomotif

INSTAN UBAH TAMPILAN

-

Benelli Patagonian Eagle bisa dibilang sebagai ‘ The Next Big Thing’ di jagat motor custom. Kurang lebih sebagai penerus Kawasaki W175, yaitu motor baru yang menawarkan kemudahan untuk di- custom.

Benelli juga memiliki kelebihan yang siginifika­n yaitu mesin 250 cc dua silinder dengan suara merdu. Ditambah dengan harganya yang terbilang kompetitif, Rp 38,9 juta OTR Jakarta.

Sebagai motor baru yang mudah di- custom, Anda hanya perlu menambahka­n atau mengganti beberapa part, sehingga secara penampilan akan berubah dari motor standar.

Nah, salah satu yang melakukan modifikasi tersebut yakni Bengkel Teras yang bermarkas di Kreo Selatan, Larangan, Kota Tangerang, Banten.

Awalnya Bengkel Teras hanya membuatkan part custom untuk salah satu motor milik pelanggann­ya. Ternyata ada lagi pemilik Patagonian Eagle yang juga ingin dibuatkan part custom yang sama. Jadilah Bogie Ariestian, owner Bengkel Teras, membuat beberapa komponen custom ini, menggunaka­n basis dari motor yang sudah jadi.

“Kami memang belum bikin part custom dalam bentuk kit, tapi akan membuatkan komponen-komponen custom seperti ini berdasarka­n standar yang sudah ada,” ujar Bogie.

Bengkel Teras atau disingkat BEARS, membuat sepatbor depan dari material galvanis setebal 1,2 mm. Ukurannya terlihat lebih proporsion­al, tidak sebesar fender asli. Kemudian ada tulang jok atau pelat dasar jok, dibuat dari bahan yang sama. Ukuran dan bentuknya disesuaika­n, mau single seat atau dual seat.

Selanjutny­a ada pelek aftermarke­t berukuran 3.00x18 untuk depan dan 4.50x16 buat belakang. Pelek ini terpasang pakai teromol milik Yamaha Scorpio dan Rx-king. “Ngejar adaptor Benelli, disc- nya pas untuk ukuran

Scorpio,” jelas pria ini.

Bogie menjajakan sepatbor lengkap seharga Rp 1,8 juta, sudah termasuk cat atau Rp 1,5 juta dalam keadaan masih polos. Untuk pelat dasar jok dikenai banderol Rp 750 ribu dalam keadaan rapi dengan busa baru. Pelek aftermarke­t cukup rogoh kocek Rp 900 ribu saja satu setnya. Sedangkan teromol depan-belakang dibanderol Rp 1,2 juta.

Selain yang sudah disebutkan, BEARS juga menawarkan part aftermarke­t tambahan seperti setang dan suspensi. Secara tampilan dengan menggunaka­n part custom ini, hasil akhirnya jauh berbeda dari standar.

Selain Bengkel Teras, yang sudah lebih dahulu mengeluark­an part custom dalam bentuk kit untuk Benelli Patagonian Eagle adalah Katros Garage, dengan produk Custom Kit. Tak tanggung-tanggung ditawarkan dalam dua varian motor, Bobber dan Tracker. List ubahannya cukup banyak, dengan banderol yang lebih mahal. Rp 19 juta untuk Bobber dan Rp 21 juta untuk Tracker. •

 ?? FOTO: ISTIMEWA ??
FOTO: ISTIMEWA
 ??  ?? Sepatbor belakang tidak segondrong bawaan standar
Sepatbor belakang tidak segondrong bawaan standar
 ??  ?? Pelat dasar jok dapat disesuaika­n dengan keinginan, mau single seat atau dual seat
Pelat dasar jok dapat disesuaika­n dengan keinginan, mau single seat atau dual seat
 ??  ?? Posisi stoplamp kini dipindahka­n ke swing arm kiri
Posisi stoplamp kini dipindahka­n ke swing arm kiri
 ??  ?? Sepatbor depan ukurannya lebih ringkas, khas motor custom
Sepatbor depan ukurannya lebih ringkas, khas motor custom

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia