Otomotif

KOPLING KOCOKAN HAMBAT KIPRAH BENNY

-

Gelar juara nasional European Touring Car Championsh­ip (ETCC) 2000 2019 dipastikan berada dalam genggaman Aldio Oekon dari Banteng Motorsport. Namun untuk kelas yang lebih besar, ETCC 3000 masih terpusat pada dua nama. Ada Benny Santoso (Sigma Speed) dan Rudy S.L (Fastron Jakarta Ban Racing Team).

Keduanya hanya terpaut empat point saat memasuki ronde ke-6 ini, tak pelak membuat persaingan sudah sengit sejak awal. Benny dan Rudy sudah side by side saat memasuki tikungan pertama di lap pembuka. Sampai akhirnya posisi pertama berhasil diraih pembalap Sigma Speed itu.

Beberapa lap pembuka menjadi milik Benny, meski bukan balapan yang mulus bagi pria asal Surabaya, Jatim itu. “Mobil saya (BMW E46 M3) punya masalah elektronik. Setiap keluar tikungan, mobil mati untuk sejenak. Kalau kopling dikocokkoc­ok, baru bisa hidup lagi,” tuturnya.

“Ada saat mobil saya tidak bisa menurunkan akselerasi. Akibatnya jadi melebar pas keluar tikungan empat, makanya posisi dari depan malah ketinggala­n jauh. Wah susah deh pas mau balik ke depan,” ujar Benny dengan semangat. Meski bisa mengoreksi posisi dan kembali ke posisi kedua, ia sudah tertinggal cukup jauh dari Rudy. Itu yang membuat pengusaha properti ini harus puas meraih podium kedua. Hasilnya, kini Benny kini tertinggal tujuh point.

PERHITUNGA­N

Yang berarti, jika dia masih bersikeras menjadi juara nasional, maka saat gelaran di BSD, akhir November ini, dirinya harus menang dan Rudy S.L harus finish di posisi ketiga atau lebih buruk. Namun hal itu jelas tidak akan dibiarkan Rudy.

Pria yang juga menjabat sebagai Pimpinan Tim Jakarta Ban Racing itu ingin meraih dua gelar beruntun untuk Kejurnas ETCC 3000 yang juga ia raih tahun lalu. “Di atas kertas, seharusnya saya lebih berpeluang untuk juara nasional nih,” ujarnya.

“Tapi kan di balapan apa saja bisa terjadi. Saya hanya ingin bermain lepas dan tanpa beban karena satu kaki saya kan ibaratnya sudah di zona juara nasional. Tapi lihat lagi nanti pas di BSD ( Tangerang),” sambung Rudy dengan bijak.

Pada ronde terakhir yang digelar di BSD nanti, Rudy maupun Benny sudah punya evaluasi masing-masing. Trek yang didominasi trek lurus pasti akan butuh power besar. Terlebih sirkuit baru nanti punya trek yang lebih lebar.

Juga faktor pengereman yang lebih baik, sehingga mobil akan mudah dikendalik­an setiap masuk chicane dan juga hairpin di sirkuit sepanjang 3 km itu. •

 ?? FOTO DAB ?? Menang dengan dua posisi lebih unggul dari Rudy, jadi target Benny di BSD
FOTO DAB Menang dengan dua posisi lebih unggul dari Rudy, jadi target Benny di BSD

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia