Otomotif

HONDA BRIO MANUAL INGIN JADI MATIK

-

Salam OTOMOTIF!

Memoga sehat selalu ya. Saya mau bertanya, awalnya saya membeli Honda Brio E M/T 2018, karena sesuatu hal saya sakit sehingga kesulitan menggunaka­n kopling lagi. Nah, adakah metode atau cara/ teknologi yang dapat mengubah manual ke matik tanpa melakukan engine swap?

Dulu ada merek E* clutch. Sekarang masih adakah produknya atau merek lain yang serupa? Atau adakah teknologi lainnya yang dapat memodifika­si manual ke matik tadi, walaupun semimatik kayak AMT misalnya. Bisakah diterapkan di Honda Brio? jika ada, bengkel mobil apa yang direkomend­asikan di daerah kota Bandung?

Hatur nuhun atas informasin­ya!   Aanurdiama­n - Mekarwangi, Bandung Barat

Salam OTOMOTIF juga Kang

Aanurdiama­n, semoga Anda dan keluarga selalu dalam keadaan sehat wal’afiat, aamiin! Sebelumnya kami turut prihatin atas kondisi atau sakit yang Anda alami. Oke, mengenai niat Anda mengubah transmisi manual Brio E jadi matik, sebenarnya bisa saja tanpa harus melakukan engine swap pakai yang transmisi bawaannya sudah matik. Yaitu dengan mengaplika­si peranti tambahan untuk mengkonver­si transmisi manual jadi matik.

Sistem kerjanya mirip seperti transmisin­ya Wuling Confero ACT (Automatic Clutch Transmissi­on). Ia menggunaka­n semacam actuator untuk membebaska­n kopling secara otomatis saat dilakukan perpindaha­n gigi. Jadi, tak perlu lagi injak kopling ketika masuk atau pindah gigi.

Nah, di pasaran perangkat semacam sistem e- clutch di Wuling Confero ACT ini ada yang jual kok. Salah satunya adalah produk EZ Matic Easy Cluth. Produk ini juga sudah ada yang jual di online shop. Namun untuk pemasangan di bengkel kawasan Bandung, mungkin Anda bisa konsultasi terlebih dulu pada bengkel kenalan Anda, terutama bengkel umum. Siapa tahu mereka pernah menginstal peranti ini.

 ??  ?? F.YOSI
F.YOSI
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia