Otomotif

MITSUBISHI XPANDER CROSS

-

Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia baru saja meluncurka­n varian terbarunya, yang diberi nama Mitsubishi Xpander Cross. Secara bentuk keseluruha­n memang masih tegas sosok Xpander-nya, namun oleh Mitsubishi disuntikka­n lagi gaya crossover.

Ia diklaim menyasar pasar LSUV (Low Sport Utility Vehicle) yang sudah dihuni oleh Daihatsu Terios dan Toyota Rush.

Disebut sebagai ‘ robust design’, ada 10 ubahan yang bikin Xpander Cross ini terlihat macho. Sebagian besarnya ada di bagian eksterior.

Pertama, ada pada desain grille dan bumper depan. Tampangnya sih masih tetap berkonsep dynamic shield, namun garis bumper lebih tegak lurus dibandingk­an Xpander. Lekukan tajam di bumper juga diganti model mengotak.

Kedua, penyematan roofrail. Pada Xpander Cross sudah dibekali roofrail dengan batang yang cukup tebal. Cukup jadi pembeda yang nyata dari Xpander biasa.

Selanjutny­a pemakaian pelek 17 inci. Tapi kok model palangnya mirip dengan beberapa crossover yang sudah beredar duluan ya!? Pelek ini difinishin­g warna hitam dan silver polish.

Kemudian adanya penambahan wheel arc moulding. Ya, lingkar fender kini ditambahi panel hitam doff dengan bentuk tebal. Biasa juga disebut over fender. Ini jadi detail ciri khas mobil-mobil crossover atau SUV.

Kelima yaitu tailgate garnish. Beda dengan Xpander biasa yang warnanya senada bodi. Tailgate garnish Xpander Cross punya warna hitam dengan finishing glossy.

Berikutnya adalah rear bumper atau bumper belakang. Desainnya lebih mengotak. Lalu ke-7, adanya shark fin antenna. Antena mirip sirip hiu ini jadi aksesori pembeda tampilan atap belakang.

Items ke-8 adalah side body garnish, biasanya terpasang di mobil-mobil SUV untuk menambah kesan kekar. Berbahan plastik dengan warna silver.

Dilanjut pemakaian LED pada headlamp dan foglamp. Berbeda dari Xpander biasa yang masih pakai bohlam halogen. Uniknya lagi, desain Led-nya seperti bertingkat atasbawah mirip mobil-mobil konsep Mitsubishi.

Lalu yang kesepuluh atau terakhir adalah adanya rear window defogger. Jadi untuk varian Xpander Cross kini sudah ditambahi antikabut di kaca belakang.

Dengan ubahan pada bagian eksterior ini, dimensi bodi juga menjadi bertambah. Xpander Cross punya dimensi panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.750 mm, serta ground clearance 225 mm.

Sedangkan Xpander varian Ultimate punya dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.750 mm, serta ground clearance 200 mm. Artinya, Xpander Cross lebih panjang 2,5 cm dan lebih lebar 5 cm dibandingk­an Xpander Ultimate. •

 ??  ??
 ??  ?? DIBIKIN GAGAH DAN LEBIH JANGKUNG
DIBIKIN GAGAH DAN LEBIH JANGKUNG

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia