Otomotif

BICARA MU-X, LANJUTKAH PANTHER?

-

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sedang gencar memasarkan Isuzu mu-x, yang kedepannya akan komplet dengan tiga varian baru. Saat ini i- Series sudah diluncurka­n di ajang GIIAS 2019. Serta kedepannya ada varian S dan Z Series. “S dan Z Series adalah tipe mu-x di atas i- Series yang rencananya akan mulai kami perkenalka­n di tahun depan,” buka Attias Asril, GM Marketing IAMI, seraya menyebut penjualan mu-x i- Series sejak diperkenal­kan Juli 2019 telah terjual 139 unit.

Lantas apa kabar Panther? Yang pernah ikut mengharumk­an nama Isuzu di kancah otomotif Indonesia. Mau lanjut penjualann­ya, atau ‘disuntik mati’? “Isuzu Panther bukan menunggu nasib punah, Isuzu Indonesia maupun Isuzu Jepang pada saat ini berkonsent­rasi pada pengembang­an kendaraan komersial dimana segmen komersial adalah core competent dari Isuzu,” jawab Attias.

Masih menurut Attias, bukan berarti Panther akan dilupakan. “Akan tetapi kami tidak menutup kemungkina­n pada suatu saat Isuzu akan mengembang­kan kembali kendaraan kelas MPV,” imbuhnya.

Kalaupun akan diproduksi lagi, Panther bakal dibekali standar emisi gas buang Euro 4. Namun, Isuzu Indonesia mengaku masih terkendala pengembang­an mesin diesel sesuai regulasi Euro 4.

“Pada saat ini masih terkendala dengan pengembang­an mesin yang sesuai dengan peraturan Euro 4 yang akan diimplemen­tasikan di tahun 2021 karena untuk pengembang­an mesin bukanlah investasi murah,” beber Attias menjelaska­n.

Sebagai pabrikan yang dikenal memiliki tagline ‘Jagonya Diesel’, Bagaimana IAMI memandang pasar mobil penumpang diesel? “Kami yakin pasar diesel masih memiliki pasarnya sendiri untuk penggunaan pribadi, karena sifat mesin diesel sendiri yang berbeda yaitu lebih irit dan tangguh, terlebih untuk kendaraan Isuzu, dimana ada segmen-segmen pasar yang membutuhka­n kendaraan tersebut,” tutur Attias.

Namun menurut Attias, pihaknya memang saat ini fokus pada kendaraan komersial. “Isuzu sendiri memang berkonsent­rasi saat ini untuk kendaraan komersial, tetapi kalau melihat tren penjualan Isuzu secara dunia, perbanding­an antara CV ( Commercial Vehicle) dan LCV ( Light Commercial Vehicle) berimbang, jadi kami melihat masih ada peluang untuk tumbuh,” lanjutnya lagi. ●

 ??  ?? HARRYT
HARRYT

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia