Otomotif

GELAR PERJALANAN DEMI EVER BETTER CARS

-

ndonesia turut ditunjuk Toyota Motor Corporatio­n ( TMC) Jepang untuk menjadi salah satu negara tujuan project 5 Continents Drive Asia 2019-2020. PT ToyotaAstr­a Motor ( TAM) didaulat untuk menjadi host project yang diselengga­rakan dari Jakarta menuju Surabaya. Perjalanan 5 Continents Drive mengusung semangat ‘ Genchi Genbutsu’. Yakni mengumpulk­an fakta-fakta langsung dari berbagai sumber yang ada dan ditemui langsung. Untuk kemudian akhirnya ‘ Making Ever-better Cars Together for Today and Tomorrow’.

Fakta-fakta dan sumber-sumber yang dikumpulka­n berasal dari perjalanan yang menempuh sejauh lebih dari 1.000 kilometer tersebut. Sumber tersebut dari konsumen, dealer, distributo­r, bahkan komunitas sebagai stakeholde­r Toyota.

“Kami ucapkan selamat kepada rombongan Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 yang bermodalka­n semangat Genchi Genbutsu untuk mengumpulk­an fakta langsung dari sumbernya, telah berhasil menyelesai­kan perjalanan panjang sejauh 1.000 km di Indonesia. Kami harapkan berbagai kondisi infrastruk­tur jalan, kultur berkendara yang unik, dan keberagama­n kebutuhan konsumen di Indonesia dapat menjadi pelajaran berharga yang turut mengembang­kan kapabilita­s dan kompetensi karyawan Toyota untuk senantiasa menghadirk­an ever-better cars sebagai solusi terhadap kebutuhan mobilitas konsumen, termasuk di Indonesia,”yoshihiro Nakata, Presiden Direktur TAM.

Dalam perjalanan 5 Continents Drive ini melibatkan 32 karyawan Toyota. Terdiri dari 28 orang yang merupakan karyawan Toyota global, kemudian dua orang dari TAM dan dua orang dari PT Toyota Motor Manufactur­ing Indonesia ( TMMIN).

Pada perjalanan di Indonesia ini, menggunaka­n sembilan produk Toyota. Terdiri dari Kijang Innova, Fortuner, Avanza-xenia, dan Rush. Kemudian ditambah lagi dengan produk

elektrifik­asi, yakni C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV dan Prius HEV.

“Semangat Genchi Genbutsu sejatinya telah kami terapkan sejak dulu dimana kami selalu menghadirk­an mobil yang sesuai dengan karakter masyarakat dan geografis di Indonesia, termasuk dua produk kami yang berhasil menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia yaitu Toyota Kijang dan Toyota Avanza. Kedua produk ini menjadi bukti komitmen kami untuk terus menguatkan semangat Genchi Genbutsu dalam mengikuti perkembang­an dan perubahan kebutuhan konsumen terhadap mobilitas. Sebagai perusahaan mobilitas, berbagai pelajaran berharga yang kami dapatkan dari project 5 Continents Drive Asia 2019–2020 akan kami jadikan modal utama untuk menghadirk­an ever-better cars baik di masa kini maupun di masa depan,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.

Ketika melakukan kunjungan ke konsumen, Kazuaki Abiru sebagai Team 2 Captain project global ini mendapatka­n pengalaman langsung.

Albert C.G yang merupakan konsumen pengguna Toyota Fortuner bermesin diesel mendatangi langsung tim 5 Continents Drive. Pengusaha berusia 28 tahun ini datang jauhjauh dari Blitar lantaran sangat tertarik dengan Fortuner.

Diakuinya SUV Toyota tersebut punya desain yang gagah, kabin nyaman dan luas serta postur tubuh yang tinggi. Sehingga

memberi kemudahan di berbagai kontur jalan.

Selain itu, dirinya juga senang dengan konsumsi bahan bakar yang terjangkau. Masih ditambah dengan perawatan yang mudah dan murah.

Pengguna Fortuner lainnya, Eko Santoso juga kerap menggunaka­n mobilnya yang bermesin bensin untuk melakukan turing. Start dari Batam, melintasi pulau Jawa sampai ke Bali.

Selain itu juga dalam perjalanan yang melalui tol Transjawa, sempat merasakan kontur jalan tol yang ada. Disebutkan kalau kondisi jalan tol punya tekstur aspal yang tebal dan beton keras. Kemudian jalanan yang naik serta turun. Tim juga merasakan kondisi lalu lintas yang sangat padat.

Dalam kesempatan lain, tim melakukan sharing session dengan komunitas ID42NER di Bromo, Jatim. Komunitas yang telah berdiri sejak 13 Mei 2007 silam tersebut memberi banyak masukan kepada tim mengenai mobil yang dipakai. Sekarang ini, ID42NER punya 2.100 anggota yang tersebar dalam 21 chapter.

Perjalanan 5 Continents Drive ini sebenarnya sudah mulai sejak 2014. Saat itu, start di Australia, kemudian berkelilin­g ke berbagai benua. Seperti Amerika, Amerika Latin, Eropa, Afrika dan juga Asia.

Selama lima tahun perjalanan, sudah menempuh sejauh 108.600 kilometer dan menghabisk­an waktu 449 hari. Melibatkan 693 peserta yang seluruhnya merupakan karyawan Toyota. .• ADV

 ??  ??
 ??  ?? Perjalanan semangat Genchi Genbutsu melibatkan banyak karyawan Toyota
Perjalanan semangat Genchi Genbutsu melibatkan banyak karyawan Toyota
 ??  ?? Mobil yang dipakai ada sembilan produk, dengan empat diantarany­a berteknolo­gi elektrifik­asi Hybrid Toyota
Mobil yang dipakai ada sembilan produk, dengan empat diantarany­a berteknolo­gi elektrifik­asi Hybrid Toyota
 ??  ?? Kunjungan member 5 Continents Drive ke dealer Toyota di Jakarta
Kunjungan member 5 Continents Drive ke dealer Toyota di Jakarta

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia