Otomotif

VARIAN RADIAL & RAMAH LINGKUNGAN

-

Produsen ban IRC, PT. Gajah Tunggal Tbk. baru saja meluncurka­n dua produk terbarunya di Proving Ground Gajah Tunggal, Karawang, Jabar (14/11). Pertama ada tipe Ecotrax, sebagai ban tubeless yang ramah lingkungan meneruskan tipe terdahulun­ya yang sudah hadir sejak 2015 yaitu Enviro.

“Berdasarka­n hasil riset yang kami lakukan, IRC Ecotrax memiliki daya gulir yang lebih rendah, sehingga dapat mengurangi beban kerja mesin dan berimbas pada penggunaan bahan bakar yang lebih efisien,” ujar Leonard Gozali, Head of Marketing Division, PT. Gajah Tunggal Tbk.

Ecotrax telah diuji di Tangerang-cianjur selama 2 bulan. Hasilnya ban ini mampu bertahan hingga 19.116 km untuk depan dan 21.281 km yang belakang, dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit 10,66% dibanding ban regular lainnya.

Saat OTOMOTIF coba melewati kontur jalan basah dengan ban yang sepasang dijual Rp 450 ribuan, ternyata grip- nya cukup baik, meskipun melakukan pengereman keras di area basah bannya tetap memiliki cengkraman maksimal. Begitu pula saat transisi dari jalan kering ke basah dan sebaliknya motor tetap stabil.

Produk kedua ada RMC830, ban radial yang dapat digunakan di sirkuit dan harian, “Konsepnya gak hanya bisa dipakai di sirkuit, tapi juga di jalan raya. Sehingga grip sangat baik di sirkuit tapi juga memiliki kestabilan dan kelincahan di jalan raya dengan target motor sport sedang 250-300 cc,” sebut Takehiro Hirama, Product Specialist IRC R&D and Technical, PT. Gajah Tunggal Tbk.

Ban yang masih diproduksi di Jepang ini sudah dibuktikan ketangguha­nnya di sirkuit oleh pembalap Rey Ratukore, yang berhasil menjadi juara saat prototype ban ini digunakan di gelaran Yamaha Endurance Festival 2 Hours.

Saat dicoba berkelilin­g di area proving ground, ban yang memiliki ukuran 110/80-17 dan 140/70-17 ini memang punya cengkraman sangat baik, untuk meliuk zig-zag motor terasa lincah dan stabil.

“Di dalam bannya terdapat 0 degree belt, terbuat dari aramid fibers yang ringan namun kuat untuk menambah rigidity. Ada juga kombinasi polymer dan ultrafine particle carbon yang memberikan cengkraman baik saat kering maupun basah,” imbuh Hirama.

RMC830 punya harga eceran tertinggi (HET) Rp 2,670 juta untuk satu pasang, tapi ada promo di event Yamaha Sunday Race (23-24/11) di sirkuit Sentul, Bogor dengan harga Rp 2,4 juta. ●

 ?? FOTO:ISTIMEWA ?? Ecotrax punya grip yang cukup baik pada jalan basah, terbukti saat melakukan pengereman keras di proving ground
Meski diuji di sirkuit, tapi RMC830 juga bisa digunakan sehari-hari, grip yang baik dan lincah jadi kelebihann­ya
Kiri ban hemat, yang kanan ban balap
FOTO:ISTIMEWA Ecotrax punya grip yang cukup baik pada jalan basah, terbukti saat melakukan pengereman keras di proving ground Meski diuji di sirkuit, tapi RMC830 juga bisa digunakan sehari-hari, grip yang baik dan lincah jadi kelebihann­ya Kiri ban hemat, yang kanan ban balap

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia