Otomotif

THANK YOU, JORGE!

-

Pengumuman atas keputusan yang dibuat Jorge Lorenzo saat konferensi pers Motogp Valencia, Spanyol (14/11) sangat mengejutka­n. Pembalap yang masih berstatus di Repsol Honda Team itu memutuskan pensiun. Balapan di Valencia jadi yang terakhir dalam karier profesiona­lnya.

“Ada empat momen berharga dalam setiap karier pembalap. Saat debut, pertama kali menang, juara dunia pertama kali, dan yang terakhir saat memutuskan untuk pensiun. Saya sudah mencapai keputusan yang keempat,” ucap Lorenzo.

“Sejak saya kecelakaan di Assen (Belanda) dan cedera punggung, saya mulai kehilangan motivasi untuk balapan. Saya mulai memikirkan untuk pensiun, tapi harus menunggu untuk akhir musim. Sampai ini lah saatnya, saya akan berhenti dari olahraga yang saya dan kita cintai bersama ini,” tambah Por Fuera, julukannya.

Ia mengucapka­n terima kasih kepada Yamaha yang sudah memberinya tiga gelar juara dunia Motogp. Terima kasih kepada Ducati yang sudah memberikan pembalap 32 tahun sebuah pelajaran baru. Juga terima kasih dan maaf kepada Honda yang mempercaya­kannya di musim 2019.

“Khususnya untuk Alberto Puig (Manajer Repsol Honda Team) yang sudah saya kecewakan. Saya bilang kepadanya kalau dia tidak salah dalam merekrut pembalap. Namun hasil terburuk saya berikan untuk tim besar ini. Saya minta maaf tidak bisa memenuhi semua ekspektasi tim,” lirih Lorenzo sambil menyeka air mata.

Meski begitu, ia mendapatka­n banyak apresiasi dari pembalap yang lebih muda darinya, juga para pembalap yang menjadi rivalnya. Termasuk Valentino Rossi yang menyebutny­a lawan tertangguh selama di Motogp.

“Kita pernah satu tim, pernah berkelahi, juga berbaikan lagi. Itu lah rekan satu tim. Masa sulit kami tidak akan mengurangi rasa hormat saya kepadanya. Dia tetap pembalap terhebat di masa ini. Semoga kamu sukses ke depannya, Jorge!” ucap Rossi.

Sebenarnya, kontrak Jorge Lorenzo baru akan berakhir di Desember 2020.

Karena ia memutuskan untuk pensiun maka Repsol Honda

Team akan mencari penggantin­ya.

Kandidat kuat untuk mengisi sadel kosong Honda RC213V musim depan adalah Cal Crutchlow, Takaaki Nakagami, Johann Zarco, dan Alex Marquez.

Siapa yang akan dipilih HRC? Nantikan kabar selanjutny­a di OTOMOTIF. ●

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia