Otomotif

TEKNOLOGI TINGGI & RAMAH LINGKUNGAN

-

Selain fokus terhadap riset dalam mengembang­kan produk-produknya, PT Yutaka Manufactur­ing

Indonesia ( YMI) selaku produsen disc brake dan muffler merek Yutaka juga peduli terhadap pelestaria­n lingkungan. Hal itu tercermin dari produk yang dihasilkan­nya.

“Knalpot kami sudah dilengkapi dengan katalis (catalytic converter) untuk mengurangi kadar emisi gas buang,” ujar Wan Muhammad Ishak,

Manager Produksi YMI.

Wan menambahka­n, selain dari produk, pelestaria­n lingkungan ini sudah dimulai sejak proses produksi. “Kita mengedepan­kan proses produksi yang ramah lingkungan. Jadi sebisa mungkin menekan polusi CO2 dalam setiap proses,” lanjutnya.

PABRIK 4.0

Selain ramah lingkungan, PT YMI juga mengadopsi teknologi canggih dalam proses pembuatan produknya. Yaitu dengan menerapkan teknologi 4.0 di pabriknya yang terletak di kompleks industri MM2100 Cikarang, Jabar.

“Untuk pembuatan muffler saja sudah menggunaka­n sistem robotik. Mulai dari welding (pengelasan), assembling (perakitan) hingga painting (pengecatan) prosesnya dilakukan oleh robot secara otomatis,” tambahnya.

“Karena sudah memasuki era 4.0, kita juga membuat semua sistemnya terintegra­si. Sehingga kita bisa memantau jalannya proses produksi mulai pengecekan jumlah unit hingga kualitas secara real time sebagai jaminan kualitas ke customer. Jika ditemukan masalah, maka langsung bisa diatasi secara cepat,” pungkas Wan.

Selain memang berkualita­s, proses yang ramah lingkungan membuat YMI terus berinovasi. •

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? PT YMI konsisten mensupport ajang balap lokal seperti Honda Dream Cup (HDC)
PT YMI konsisten mensupport ajang balap lokal seperti Honda Dream Cup (HDC)
 ??  ?? Semua knalpot Yutaka sudah dilengkapi dengan catalytic converter
Semua knalpot Yutaka sudah dilengkapi dengan catalytic converter
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia