Otomotif

DATSUN OH NASIBMU…

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

B erita kurang menggembir­akan kembali terjadi dari industri otomotif nasional. Setelah Ford hengkang pada tahun 2016, lalu dilanjutka­n ke brand Chevrolet yang stop penjualann­ya per Maret 2020 di Indonesia, produk Datsun pun kabarnya bakal mengakhiri produksiny­a di Tanah Air pada Januari 2020.

Sungguh miris mendengarn­ya. Karena setelah stop produksi lantas jualan sisa stok dan brand Datsun yang berada di bawah kendali PT Nissan Motor Indonesia ini akan pamit dari pasar otomotif Indonesia.

Apakah ketidaksuk­sesan Datsun tersebut hanya karena kalah bersaing dengan produk sekelasnya di segmen LCGC? Atau lantaran buntut skandal keuangan yang menimpa CEO Nissan- Mitsubihsi-renault dan Datsun, Carlos Ghosn?

Keduanya bisa jadi saling berhubunga­n. Pasalnya Nissan Global sedang memperbaik­i bisnisnya di seluruh dunia. Salah satunya PHK puluhan ribu karyawan, penutupan pabrik Nissan dan Datsun yang menjadi ambisi Charlos Ghosn.

Namun yang terpenting sih sebenarnya masyarakat Datsun yang sudah membeli produknya di Indonesia. Mudah-mudahan niat baiknya untuk terus melanjutka­n aftersales service- nya tetap bisa diperjuang­kan demi konsumen.

Jangan bersedih, tetap semangat! Seperti kami yang terus semangat menyajikan ulasan-ulasan keren setiap edisinya. Contoh suguhan mobil-mobil baru seperti jajal Toyota GR Supra, New Mazda2, New Mazda CX-5 dan Test Drive

All New Kia Picanto GT. Hadirnya model-moder baru, semoga bisa menggairah­kan kembali pasar otomotif Tanah Air ya.

Selain itu, untuk ulasan roda dua juga terdapat Test Ride Aprilia Shiver 900. Naked bike seharga setengah miliar ini tentu ada kelebihann­ya, juga pasti ada kekurangan­nya dong selain harga. Langsung baca aja deh di halaman 16 biar enggak penasaran!

Ulasan lainnya, silakan baca terus OTOMOTIF edisi minggu ini. •

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia