Otomotif

EKSPLORASI KEMAMPUAN SEKALIGUS DESTINASI WISATA

-

Selasa

hingga Jumat (12- 15/11) lalu, OTOMOTIF bekerja sama dengan PT Sokonindo Automobile selaku Pemegang Merek DFSK di Indonesia, menggelar long term test bertajuk DFSK Glory 560 Road Trip dari Jakarta menuju Semarang, Jateng.

Ajang test drive jarak jauh ini untuk mengetahui lebih dalam lagi akan keandalan dari SUV 7- seater terbaru dari DFSK, yaitu Glory 560 1.5T. Sekaligus bertujuan mengeksplo­rasi beberapa destinasi wisata keren yang ada di sekitar Semarang, Jawa Tengah.

Apalagi obyek wisata yang akan dikunjungi, lokasi dan kondisi jalan untuk menuju kesana sangat beragam, sehingga semakin tergambar keandalan SUV asal negeri Tiongkok yang banderolny­a mulai dari Rp 192 juta – 242 jutaan on the road DKI Jakarta ini.

“Tim redaksi OTOMOTIF yang melakukan test jarak jauh ini juga akan mengunjung­i dealer kami yang ada di Cirebon dan Semarang. Mereka akan merasakan experience layanan purnajual kami di sana,” sebut Arviane Dahniarny Bahar, PR and Digital Manager DFSK.

TOP SPEED 175 KM/JAM

Start dari markas redaksi OTOMOTIF di Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tim langsung masuk tol dalam kota arah Tanjung Priok, lalu bergabung ke tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan keluar di jalur lambat Kalimalang, Bekasi.

Rute ini untuk menghindar­i kemacetan yang luar biasa saat itu, mulai dari tol dalam kota arah Semanggi – Cawang hingga tol Bekasi. Nah, sebelum mendekati Cikarang, baru deh kami masuk ke tol Cikampek, dimana lalu-lintas mulai lancar. Kemudian dilanjut menuju tol Cipali.

O iya, saat memasuki tol JORR dari kawasan Tanjung Priok, kebetulan kami menemukan beberapa tikungan parabolik yang pas untuk menguji kemampuan manuver Glory 560 1.5T CVT pada kecepatan cukup tinggi.

Hasilnya, ajibb! Kami sama sekali tidak merasakan ada gejala body roll saat menikung pada kecepatan antara 90 - 100 km/jam. Begitu pula saat mobil ini dijajal bermanuver tiba-tiba untuk melalui atau menyalip kendaraan lain di depan.

Tak hanya itu, saat melaju kencang di jalan tol dengan permukaan jalan yang tidak rata, maupun ketika melibas permukaan jalan beda ketinggian yang banyak kami temui di sepanjang tol Cipali hingga masuk kota Semarang, laju Glory 560 1.5T CVT yang kami kendarai ini tetap stabil.

Tentunya kemampuan tersebut berkat adanya fitur Vehicle Stability Control ( VSC) yang dipadu Traction Control. Ditambah racikan suspensi Mcpherson Strut di bagian depan dan Multi Link dengan coil spring di belakang, mampu meredam guncang- an kendaraan dengan sangat baik.

Kerja sistem pengereman­nya yang sudah mengusung Anti-lock Brake

Sistem (ABS) dipadu Electronic Brake Distributi­on (EBD) pun terbilang yahud. Hal ini membuat kami makin pede gas pol di jalur lurus yang panjang, untuk mengetahui seberapa cepat kemampuan top speed- nya.

Dengan kabin terisi 3 penum-pang dewasa plus barang bawaan segam- breng, Glory 560 1.5T bertransmi­si CVT ini masih mau diajak melaju hingga 175 km/jam. Itu pun masih ada sisa gas loh! Entakan akselerasi­nya kami rasakan cukup kuat mulai dari tarikan bawah hingga atas. Tenaga seperti tidak pernah kosong. Transmisi CVT juga kami rasakan cukup responsif.

Hal itu wajar mengingat mesin SFG15T yang didoping turbocharg­er ini punya peak power yang terbilang besar, meski kapasitas mesin hanya 1.500 cc. Tenaga maksimum yang mampu disemburka­n mesin ini mencapai 110 kw atau setara 147,5 daya kuda di putaran 5.600 rpm. Sementara torsinya tembus 220 Nm di 1.800 – 4.000 rpm.

Tentu tak hanya uji akselerasi saja, kenyamanan saat dikendarai, kemampuan melintasi jalur semi off-road sebagai sebuah SUV, serta kekuatanny­a mendaki tanjakan ekstrem

kami lakoni. Hasilnya, monggo simak foto- fotonya di halaman ini!

SPARE PART TERJAMIN

O iya, tim DFSK Glory 560 Road Trip juga menyempatk­an diri mengunjung­i dealer DFSK di kota udang Cirebon dan Semarang. Di dealer DFSK Cirebon, Glory 560 1.5T CVT yang kami kendarai dilakukan pengecekan. Tim teknisi DFSK Cirebon dibawah pimpinan wanita tangguh Ibu Murniawati, terlihat begitu cekatan menangani mobil yang kami gunakan.

Fasilitas bengkelnya pun terbilang komplet, bahkan mereka sudah memiliki mobil home service juga loh. Kami juga menyempatk­an diri melihat stok spare part yang dimiliki. “Untuk ketersedia­an spare part sangat terjamin. Jadi, konsumen tidak perlu khawatir membeli produk DFSK,” yakin Ibu Nia, sapaan akrabnya.

Begitu pula saat kami menyambang­i dealer DFSK Semarang yang berada di Jl. Jendral Sudirman No. 291. “Stok spare part fast moving maupun medium moving macam lower arm dan sebagainya, selalu tersedia di sini,” ujar Dani, dari bagian spare part DFSK Semarang.

“Dealer DFSK Semarang ini konsepnya sudah 3S (Sales, Service and Spare Part), jadi tidak perlu khawatir soal layanan purna jual produk-produk DFSK,” sebut Junaidi, Kepala Cabang DFSK Semarang. •

 ??  ??
 ??  ?? Kabin terkesan mewah dan terasa nyaman buat perjalanan jauh
Kabin terkesan mewah dan terasa nyaman buat perjalanan jauh
 ??  ?? Pemeriksaa­n dilakukan untuk melihat keadaan mobil
Pemeriksaa­n dilakukan untuk melihat keadaan mobil

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia