Otomotif

PERKUAT AURA ADVENTURE

- Pilihan Paruh Bebek Honda ADV150

Motor adventure umumnya memiliki ‘paruh bebek’ yang terletak di bawah lampu depan. Paling terkenal tentu bisa dijumpai di BMW R1200GS. Fungsi paruh tersebut hanya untuk penampilan semata, memberikan kesan tangguh pada motor penjelajah, walaupun secara tak langsung juga jadi semacam sepatbor tambahan.

Terlahir dengan dengan DNA motor adventure, membuat Honda ADV150 memiliki desain yang kental dengan motor petualang tersebut. Karena itu tak haram dong, untuk memasang ‘paruh bebek’ di skutik ini? Buktinya sudah ada dua workshop yang membuatkan paruh bebek untuk ADV150.

Pertama ada Ihsan Motoshop (IM), gerai aksesori dan modifikasi yang terletak di kavling DKI Blok B1 No.34 Jalan Taman Malaka Selatan, Duren Sawit, Jakarta Timur. Ihsan, owner

IM menawarkan dua ukuran sekaligus, ada yang panjang dan pendek. “Keduanya terbuat dari fiberglass,” ujarnya.

Paruh bebek buatan Ihsan hanya tersedia dalam finishing hitam doff, tapi khusus yang panjang memiliki kontur kasar di bagian ujungnya. Memasangny­a ikut ke baut pelat nomor depan, bisa pakai baut L5. Caranya hanya melepas dudukan pelat nomor berikut bautnya dan langsung pasang paruh bebek ini.

“Hanya saja, kalau dipasang harus melepas pelat nomor dan memindahka­n posisinya,” tambah Ihsan.

Tak masalah, karena pelat nomor bisa diletakkan di balik windshied atau dibuatkan braket baru. Oh ya harga paruh bebek buatan Ihsan Rp 100 ribu buat yang pendek dan Rp 200 ribu untuk yang panjang.

Satu lagi ada bikinan AF Motoshop asal Depok, Jawa Barat. Paruh bebek atau duck fender seperti yang dikatakan oleh Budi Arif Wibowo, owner AF Motoshop dijual dalam 3 varian.

Ada standar, warna, dan karbon kevlar. Varian standar dan warna terbuat dari fiber sedangkan karbon dari fiber yang dilapis oleh carbon fiber. Untuk varian warna, ada tiga macam, merah, putih, dan coklat. Meskipun berbeda, bentuk dan ukurannya tetap sama antar varian.

Soal pemasangan sama saja, yaitu ikut ke baut dudukan pelat nomor depan. Tinggal pasang menggunaka­n baut L5 yang menjadi pegangan braket nopol.

Arif membandero­l duck fender seharga Rp 150 ribu untuk varian hitam doff dan warna serta Rp 650 ribu buat yang karbon Kevlar. Bisa dipesan melalui kontak di bawah dan online shop atau langsung menyambang­i gerai AF Motoshop yang berlokasi di jalan Gandaria II no.27 Ratu Jaya, Kota Depok. •

 ?? FOTO:RANGGA ?? Ihsan Motoshop memiliki dua varian paruh bebek untuk ADV150
FOTO:RANGGA Ihsan Motoshop memiliki dua varian paruh bebek untuk ADV150
 ??  ?? Paruh bebek Ihsan yang panjang terinspira­si dari BMW R1200GS
Paruh bebek Ihsan yang panjang terinspira­si dari BMW R1200GS
 ??  ?? Varian yang panjang memiliki kontur kasar di ujungnya
Varian yang panjang memiliki kontur kasar di ujungnya
 ??  ?? AF Motoshop memiliki varian karbon Kevlar untuk duck fender miliknya
AF Motoshop memiliki varian karbon Kevlar untuk duck fender miliknya
 ??  ?? Ada pula varian standar dengan kelir hitam doff
Ada pula varian standar dengan kelir hitam doff

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia