Otomotif

AKSELERASI LEBIH ‘NENDANG’, TAPI…

-

Belum lama ini bengkel Vespa Scooter VIP yang berada di Grand Galaxy City Business Center, Bekasi memperkena­lkan produk baru yang diberi nama Scootech.

“Diberi nama Scootech atau Scooter Technology dan kami menjadi distributo­rnya. Ignition Amplifier ini dirancang khusus untuk skutik, di mana skutik memerlukan power dan torsi secepat mungkin,” ujar Dennil Sagita, Chief Executive Officer (CEO), PT. Scooter VIP.

Karena berhubunga­n dengan ignition atau pengapian, letak pemasangan Scootech ini pun ada pada koil dengan cara menjepit kabel positif dan negatif.

“Scootech berfungsi menaikkan daya pengapian dengan cara memanfaatk­an energi pengapian yang terbuang di kabel koil, lalu diolah kembali untuk diteruskan kembali ke koil,” lanjut Dennil.

Dengan begitu, kabarnya Scootech mampu menaikkan tenaga dan torsi lengkap dengan pemakaian bahan bakar yang lebih efisien.

Untuk membuktika­n kenaikan tenaganya, OTOMOTIF coba menguji Scootech di atas mesin dyno Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport yang ada di Rawamangun, Jaktim.

Dicoba pada Vespa LX150 dengan beberapa kali run, didapat tenaga maksimal sebelum menggunaka­n Scootech 8,75 dk di 7.360 rpm dan torsi 8,47 Nm pada 7.360 rpm. Setelah pakai Scootech tenaganya menjadi 8,53 dk di 7.260 rpm dengan torsi 8,42 Nm pada 7.190 rpm.

Meski setelah menggunaka­n Scootech ada sedikit penurunan tenaga, tapi jika melihat grafiknya sejak bukaan awal tenaga dan torsi meningkat lebih tinggi dibanding pada kondisi standar. Itu berarti putaran di rpm rendahnya akan terasa lebih ‘nendang’, namun di putaran tengah dan atas tenaganya beda tipis dengan standar.

Produk ini gak hanya untuk Vespa, tapi bisa juga digunakan pada skutik ‘Jepangan’. “Target pasar kami tetap fokus untuk pengguna Piaggio modern Vespa dan Vespa klasik, tapi Scootech tetap bisa digunakan untuk skutik lain. Harganya Rp 375 ribu dapat dibeli melalui Official Store dan Online Store Scooter VIP, baik di Bekasi maupun cabang kami di Surabaya,” sebut Adinda Widya, Business Relation, PT. Scooter VIP.

 ??  ??
 ??  ?? Dapat dilihat setelah menggunaka­n Scootech (oranye), tenaga dan torsi langsung melonjak saat gas baru dibuka
Dapat dilihat setelah menggunaka­n Scootech (oranye), tenaga dan torsi langsung melonjak saat gas baru dibuka
 ??  ?? Gak cuma untuk Vespa, Scootech juga bisa untuk skutik lain
Gak cuma untuk Vespa, Scootech juga bisa untuk skutik lain
 ??  ?? Pemasangan mudah dengan hanya menjepit kedua kabel yang menuju koil
Pemasangan mudah dengan hanya menjepit kedua kabel yang menuju koil

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia