Otomotif

TERTANTANG DENGAN PENDATANG

-

Putaran

final Honda Dream Cup (HDC) di sirkuit Brigif Kujang Cimahi Jabar (24/11) terhitung sangat ramai. Tercatat ada 239 starter yang menjalani 10 kelas yang dilombakan pada HDC terakhir di musim ini.

Sedikit mencuri perhatian adalah, banyaknya tim dari luar Jawa yang turut serta ikut pada putaran final ini. Rata-rata pembalap yang mereka usung masih punya kans menjadi juara umum di kelas yang mereka lombakan.

Seperti misalnya Honda Capella CMD FIF Astra KYT Racing Team dari Pekanbaru, Riau dan juga Astra Motor Racing Team (ART) Kalimantan. ART Kalimantan mengandalk­an Yossie Legisadewo untuk ambil takhta juara umum HDC1 (Underbone 150 cc Tune

Up Seeded). Saingannya adalah rekan satu paddock, Dicky Ersa dari ART Jogjakarta.

Namun Dicky mengalami masalah pada akselerasi Honda Supra GTR besutannya di balapan kedua. Ini membuat Yossie melenggang pasti menjadi juara umum HDC1 dengan dua kemenangan di Cimahi.

“Karena masih punya kesempatan

untuk jadi juara umum HDC1, makanya tim jauh-jauh dari Kalimantan datang ke Cimahi. Saya baru tiga kali balapan di Brigif, cuma mengandaka­n setting kaki-kaki saja, khususnya rebound suspensi agar lebih stabil di sirkuit ini yang bumpy,” urai Yossie.

“Setelah semuanya dapat, konsisten di barisan depan saja dan coba terus tahan pembalap yang membuntuti saya. Syukur bisa menambah gelar juara lagi di musim ini,” sambung pembalap yang juga juara Region D (Kalimantan) Kejurnas Motorprix.

TIM BARU

Selain tim dari luar Pulau Jawa, juga ada tim yang terbilang baru muncul di gelaran balap semerek Honda ini. Tim itu adalah PARD Racetech

KYB AHRS NHK Ipone

Pirelli

SSS yang mengandal- kan Rafid

Topan

Sucipto pada HDC1.

Pada dasarnya, tim berkelir jingga ini identik dengan ‘pabrikan tetangga’, tak pelak HDC Cimahi ini menjadi wadah riset dan petualanga­n barunya. “Tim meminta ikut, untuk riset Honda Supra GTR mereka, jadi saya ikut balapan,” kata Rafid Topan.

Ini karena ada kemungkina­n PARD akan menjadi tim independen dengan berbagai merek motor di timnya atau bisa juga akan pindah ke Honda sepenuhnya di musim balap 2020. Wah menarik kan, tapi kepastiann­ya baru akan bisa terlihat pada awal 2020.

Pun dengan HDC 2020 yang kabarnya akan dimulai lebih awal musim depan.. •

 ??  ?? Porsche punya kesempatan, namun belum cukup konsisten
Porsche punya kesempatan, namun belum cukup konsisten
 ?? FOTO: DAB ?? Tim PARD jadikan HDC Cimahi sebagai wadah riset
FOTO: DAB Tim PARD jadikan HDC Cimahi sebagai wadah riset
 ??  ?? Yossie Legisadewo raih titel juara umum HDC1 2019
Yossie Legisadewo raih titel juara umum HDC1 2019

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia