Otomotif

SILATURAHM­I DAN KONVOI

-

Pakde Bei Budiono, kolektor mobil klasik bersama komunitas mobil mungil Mazda ‘kotak’ B600 mengadakan silaturahm­i Sabtu (16/11) lalu.

Acara ini menjadi temu kangen, ”Sarana bertemu para pecinta, penggemar, sekaligus pelestari spesies Mazda B600 yang diproduksi tahun 1960 sampai 1965,” kata Pakde Bei Budiono.

Dalam kegiatan ini dihadiri sekitar 10 mobil serta kurang lebih 20 orang yang datang dari berbagai daerah, seperti Cikarang, Depok Serang, Cilegon, serta Tangerang Selatan.

Mazda B600 ini pada zamannya sering dipanggil sebagai Mazda Kotak atau Mazda Kotak Sabun lantaran bentuknya yang kotak, layaknya kotak sabun di zaman itu.

Mesinnya mungil, hanya berkapasit­as 600 cc OHV V-twin 2 silinder berpending­in udara. Tenaga maksimumny­a hanya berada di angka 28 dk dan torsi 41 Nm. Mesin ini menyalurka­n tenaga ke roda belakang dengan transmisi manual 4-percepatan. Agak susah didapatkan, seperti ball joint atas bawah, long tierod dan tierod, makanya kita cari solusinya dengan subsitusi, rem misalnya bisa pakai punya Suzuki Carry 1000,” jelas Pakde Bei.

Acara kekeluarga­an ini diadakan dari pagi hingga sore hari. Selain kumpul, mereka juga sempat bikin konvoy kecil-kecilan dalam rangka ‘manasin mesin’ di seputaran Melati Mas dan BSD, Tangerang Selatan. Seru! ●

 ?? RENDY ??
RENDY

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia