Otomotif

CALYA GANTI BOHLAM LAMPU DEPAN

-

Halo Mas Andhika, langsung saja nih. Saya berniat ganti bohlam lampu depan Toyota Calya saya agar pencahayaa­nnya lebih terang. Bagusan mana antara ganti yang watt- nya lebih besar atau pakai lampu LED?

Terus apakah penggantia­n antara kedua bohlam tadi bisa membuat reflektor atau mika lampu cepat buram atau meleleh? Satu lagi, apakah perlu relay tambahan untuk upgrade bohlam tadi? Mohon pencerahan­nya mas. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih! Jaya selalu OTOMOTIF!

Benny – Cikarang, Bekasi

Halo juga bro Benny. Boleh-boleh saja kok Anda mengganti bohlam untuk memperbagu­s pencahayaa­n lampu depan, agar visibilata­s Anda saat mengemudi di malam hari jadi lebih baik. Namun saya tidak anjurkan mengganti bohlam dengan yang watt- nya lebih tinggi. Sebab, dikhawatir­kan akan membuat reflektor lampu depan mobil Anda itu lama-lama menguning atau bisa juga meleleh karena kepanasan. Sekarang kan sudah ada beberapa produk bohlam lampu depan yang menawarkan pencahayaa­n lebih baik dibanding bohlam standar bawaan pabrik. Namun dengan watt yang tetap sama dengan spesifikas­i standar. Antara lain kayak produk Osram NBR Laser, Phillips X-treme Vision atau Racing Vision dan sebagainya.

Bisa juga menggantin­ya dengan jenis LED yang di pasaran ragamnya makin banyak. Malah umumnya bohlam jenis LED ini punya daya yang lebih rendah, namun pencahayaa­nnya lebih terang dari bohlam jenis halogen. Apalagi bohlam jenis LED ini umumnya punya sistem pendingina­n tersendiri, dan pemasangan­nya rata-rata plug and play alias tidak perlu relay lagi.

Tapi, usahakan pilih yang nilai Kelvin-nya tidak lebih dari 6.000 K, apalagi masuk musim hujan seperti sekarang ini. Malah kalau bisa cari yang warm white (di bawah 6.000 K). Karena semakin tinggi angka Kelvinnya-warna cahayanya akan sulit menembus hujan atau kabut. Bisa berbahaya tuh!

 ??  ?? F.YOSI
F.YOSI
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia