Otomotif

LG CHEMICAL MINAT BIKIN PABRIK BATERAI EV

-

LG Chemical asal Korsel dikabarkan tertarik bikin pabrik baterai EV (Electric Vehicle) di tanah air. Hal ini terungkap dalam lawatan Menteri Perindustr­ian, Agus Gumiwang Kartasasmi­ta ke Korsel (19/11).

“Salah satu perusahaan dari Korsel, yakni LG Chemical, telah menyampaik­an minatnya untuk berinvesta­si membangun pabrik baterai terintegra­si di Indonesia, yang meliputi pabrik baterai sel, baterai modul, hingga fasilitas daur ulang baterai,” ungkap Menperin Agus.

Dikabarkan lebih lanjut, Agus bersama jajaran melakukan one on one meeting dengan direksi LG Chemical. Dari hasil pertemuan tersebut, LG Chemical berkomitme­n menanamkan investasin­ya senilai USD 2,3 miliar atau sekitar dengan Rp 33 triliun (kurs Rp 14.090) “LG ingin melakukan investasi di ASEAN. Indonesia merupakan salah satu yang menjadi fokus,” lanjut Agus.

Korporasi raksasa asal Negeri Ginseng ini juga sudah melakukan kajian-kajian awal. Serta menyampaik­an keinginann­ya untuk melakukan studi terkait penggunaan baterai listrik pada sepeda motor.

“LG berniat melakukan penelitian dan mendukung studi, melakukan kajian-kajian untuk kendaraan, terutama sepeda motor listrik,” sambung Agus.

Menperin pun menyambut baik rencana tersebut dan menyaranka­n memilih Surabaya, Jatim sebagai wilayah yang akan diuji coba penggunaan motor berbaterai besutan LG Chemical. “Surabaya sangat ingin untuk mendukung lingkungan yang sehat. Ini merupakan satu kesatuan yang diharapkan sesuai dengan harapan LG dan Indonesia, yang sama-sama saling menguntung­kan,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, Menperin Agus juga menyambang­i Jepang, dan memperoleh komitmen investasi dari Toyota Group sebesar Rp 28,3 triliun, yang mencakup pengembang­an Toyota, Daihatsu, dan Hino di tanah air. Serta Honda menyampaik­an akan merealisas­ikan investasi sebesar Rp 5,1 triliun. Investasi tersebut untuk model baru dan pendalaman industri, lokalisasi dan sebagainya. Kedua komitmen investasi tersebut bakal direalisas­ikan bertahap pada periode 2019-2023 di Indonesia. ●

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia