Otomotif

KEMENPERIN KLARIFIKAS­I DATSUN STOP PRODUKSI 2020

-

Berdasarka­n informasi dari Kementeria­n Perindustr­ian, mengklarif­ikasi Datsun stop produksi pada 2020. “Nissan akan menghentik­an produksi Datsun Go dan Datsun Go+ pada Januari 2020 lantaran skala penjualan di bawah skala ekonomi,” jelas Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transporta­si, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, seperti dikutip dari Kompas.com (22/11).

Masih menurut Putu, fasilitas pabrik NMI yang semula memproduks­i Datsun akan dialih fungsikan untuk merakit mesin Livina dan Xpander.

“Nissan akan fokus melakukan lokalisasi dan pendalaman komponen utama yakni mesin Livina dan Xpander. Sebelumnya, bagian ini hanya diproduksi di Jepang,” terang Putu.

Selain menyuntik mati seluruh model LCGC, Datsun juga telah menghentik­an produksi Datsun Cross. Data Penjualann­ya pun terhenti sejak September 2019. Dikabarkan NMI akan mengubah haluan bisnis untuk memproduks­i kendaraan listrik, salah satunya Nissan Leaf. “Mereka juga berencana untuk mengembang­kan teknologi elektrifik­asi,” imbuhnya.

Terkait keputusan NMI untuk menghentik­an produksi Datsun, apakah juga akan diikuti dengan merumahkan karyawan? Putu masih belum bisa menjelaska­n panjang lebar, lantaran belum ada informasi resmi dari pihak NMI.

“Informasi sementara yang kami terima, Nissan akan mengubah strategi bisnisnya di Indonesia sesuai arah perkembang­an pasar otomotif di Indonesia. Mereka sedang mencari waktu yang tepat untuk melaporkan secara resmi detail rencana dan perkembang­an bisnisnya kepada kami,” beber Putu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia