Otomotif

SUSPENSI

-

Siap-siap kaget dengan suspensi yang terpasang di Citroen ini. Bukan karena merek Reiger yang dipakai, karena memang sudah teruji di berbagai cabang reli dan balap tanah lainnya. Tapi, kagetlah dengan

yang dilakukan oleh tim teknis

Citroen Racing.

Sebab, ternyata satu mobil ini punya dua set up geometri suspensi yang berbeda. Satu untuk trek aspal dan satu lagi untuk gravel. Disebutkan kalau untuk gravel, suspensi depan lebih ‘tidur’ sedangkan saat aspal lebih tegak untuk yang belakang kebalikann­ya.

Hemm.. begitu canggih ya hasil pengembang­an Citroen Racing ini. Bahkan konon sampai sekarang belum ada yang mengembang­kan sampai demikian rupa. Hal itu ditegaskan oleh Francois Wales, Developmen­t Director, Customer Racing Vehicles Citroen Racing. Ia mengatakan kalau baru Citroen yang punya inovasi tersebut. Ini membuat para tim mekanik bisa dengan sangat mudah menyesuaik­an suspensi ketika berlomba di permukaan jalan yang pasti. Namun juga menjadi sangat sulit ketika lintasan yang dilalui merupakan gabungan aspal dan gravel.

Seperti sudah disebutkan, merek sokbreker yang dipakai yakni Reiger. Terbiasa ada di mobil- mobil reli dan bukan hal yang aneh. Namun demikian, di Citroen ini tetap spesial, karena bahan yang dipakai sangat ringan. Sangat membantu ketika seting suspensi.

 ??  ?? Punya dua model setup geometri untuk sokbreker
Punya dua model setup geometri untuk sokbreker
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia