Otomotif

SPESIES LANGKA YANG CANGGIH

TAMBAH LAGI JAJARAN MOBIL RELI GAHAR TANAH AIR

- RANDY

Para

pereli Indonesia terkenal, pastinya tidak pernah mau setengah-setengah soal pacuannya. Makanya sudah sejak lama mobil-mobil reli canggih hadir di Indonesia, seperti Toyota Corolla DX yang full spesifikas­i dan digarap langsung oleh TRD Jepang. Kemudian ada juga Mitsubishi Lancer EX 2000 Turbo yang dipesan langsung ke Ralliart.

Ditambah lagi Mitsubisi VR4 yang juga didatangka­n dari Ralliart. Lalu ada pula Toyota Celica, Ford Escort Cosworth, Vauxhal Astra dan masih banyak lagi. Mobil-mobil tersebut ‘hidup’ di Indonesia ketika reli masih sangat berjaya.

Setelah mobil-mobil yang tadi disebutkan, lantas beralih lagi ke generasi Mitsubishi Lancer Evolution dan Subaru WRX. Kedua generasi mobil ini cukup lama berkecimpu­ng dan dipakai pereli Indonesia. Saking lama dan banyaknya, penonton jadi seperti biasa saja melihatnya.

Sampai akhirnya kedatangan Mazda2 AP4 yang didatangka­n dari Selandia Baru awal 2019 ini. Tak berselang lama, hadir lagi ‘spesies’ spesial untuk reli di Indonesia, yakni Citroen C3 R5 yang dimiliki Ricardo Gelael, dan dipacu Sean Gelael.

Ricardo sendiri merupakan pereli gaek dan sangat senior di Indonesia. Terbiasa pula mendatangk­an mobil- mobil jawara reli. Meski demikian, dengan hadirnya dua unit Citroen C3 R5 tersebut, tetap membelalak­kan para pereli bahkan reli di Indonesia.

Wajar jika sangat menjadi perhatian banyak pihak. Karena Citroen C3 R5 ini merupakan mobil yang sangat canggih di reli. Ia didatangka­n langsung dari ‘rumah’ Citroen Racing di Perancis. ‘Rumah’ yang juga membuat mobil Citroen untuk berlaga di WRC. Spesifikas­i yang diusung juga nyaris menyerupai mobil-mobil WRC.

Pernah ada pereli yang bilang ke OTOMOTIF, “Beruntung kita sudah pernah lihat mobil AP4. Jadi, tidak terlalu kaget lihat R5 ini.”

Sebenarnya, beruntung komunitas reli Indonesia karena hadir dua spesies mobil reli yang terbilang canggih. Tapi, seberapa canggih spesies langka mobil Citroen C3 R5 ini? •

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia