Otomotif

HANDLING & KENYAMANAN

-

Meski berdimensi mungil, OTOMOTIF yang punya postur tubuh setinggi 179 cm, tidak mengalami kendala saat duduk di jok baris depan (sisi pengemudi atau penumpang), maupun saat jadi penumpang di belakang.

Meski pada jok driver tidak ada setelan tinggi rendahnya ( seat high adjuster), posisi duduk ideal sudah langsung didapat. Paling tinggal menyesuaik­an posisi kaki yang nyaman dalam mengoperas­ikan pedal gas dan rem, dengan menggeser jok maju atau mundur. O iya, Picanto GT Line yang kami tes ini adalah yang bertransmi­si otomatis (A/T) 4-percepatan, jadinya cuma ada dua pedal saja.

Ditambah bentuk jok depan yang semi bucket, membuat badan seperti ‘dipeluk’, sehingga ketika mobil diajak bermanuver, pengendali­an jadi lebih mantap. Sipnya lagi, setir yang sudah dibalut kulit, terasa mantap digenggam.

Putaran setir pun cukup ringan saat di kecepatan rendah, sehingga untuk belok atau melakukan putaran balik, jadi lebih nyaman. Apalagi radius putarnya hanya 4,7 meter. Namun akan makin berat seiring bertambahn­ya kecepatan, guna membantu kestabilan laju kendaraan. Putaran setirnya juga cukup resposif dan akurat saat kami jajal meliuk kencang di tikungan S kecil.

Nah, yang kami cukup salut juga adalah bantingan suspensiny­a. Memang kinerja suspensiny­a tidak bisa dikatakan lembut, karena saat melintasi markakejut, bantingann­ya terasa sedikit kuat. Tapi juga tidak bisa dikatakan keras, karena saat melibat jalan tidak rata atau sedikit belubang, guncangan dalam kabin tidak begitu kami rasakan.

Malah menurut kami, racikan suspensi Macpherson Strut di bagian depan dan Copled Torsion Beam Axcle di belakang, terbilang pas untuk mobil dengan dimensi mungil ini. Hal itu makin kami rasakan saat coba mengajak Picanto GT Line ini bermanuver di tikungan lebar pada kecepatan di atas 80 km/jam. Sedaappp.. sama sekali tidak dirasakan ada gejala limbungi loh!

Satu lagi yang kami acungi jempol adalah tingkat kebisingan di dalam kabinnya sangat rendah. Bahkan ketika mobil ini kami larikan di atas 100 km/jam, baik di jalan aspal maupun beton, desiran angin, gesekan aspal maupun raungan mesin tidak begitu terdengar masuk ke kabin.

 ??  ?? Meski sebagai city car berdimensi mungil, namun masih nyaman buat diajak hang out untuk keluarga kecil dengan 3 anak
Meski sebagai city car berdimensi mungil, namun masih nyaman buat diajak hang out untuk keluarga kecil dengan 3 anak
 ??  ?? Head unit model floating dengan layar 7 inch, sudah tersedia fitur Apple Car Play & Andoid Auto
Head unit model floating dengan layar 7 inch, sudah tersedia fitur Apple Car Play & Andoid Auto
 ??  ?? Kapasitas bagasi cukup luas, bisa menampung baby stroller
Kapasitas bagasi cukup luas, bisa menampung baby stroller

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia