Otomotif

TRIKE SPESIAL

UBAHAN KHUSUS UNTUK PENYANDANG DISABILITA­S

-

Andi ‘Atenx’ Akbar, owner Katros Garage mendapat proyek spesial, ditantang oleh sebuah produsen oli untuk meng- custom Yamaha New V-ixion Lightning tahun 2013 milik Heru Zainudin asal Jakarta.

Heru merupakan penyandang disabilita­s yang membuatnya harus duduk di kursi roda. Oleh karena itu, V-ixion milik Heru ini cukup spesial karena memiliki tiga roda atau jadi trike.

Karena dari awal sudah jadi trike, jadi builder yang doyan nge- vlog ini tak perlu lagi membuat sistem roda tiga. Fokusnya membongkar bodi standar V-ixion, karena Atenx mengincar kesan modern ala Yamaha XSR155 yang sudah diluncurka­n di Thailand.

Langkah awal dibuatkan tangki baru ala XSR155 menggunaka­n pelat galvanis dengan tebal 1,2 mm. “Bentuknya mirip V-ixion custom yang pernah gue bikin dulu,” kata Atenx.

Tangki dilabur warna kuning yang membuatnya semakin mirip dengan XSR155. Selain itu, juga dibuatkan side panel dari material yang sama.

Lanjut kru Katros juga membuat sepatbor depan dan belakang. Untuk belakang, sebelumnya harus dibuat braket tambahan terlebih dahulu ikut ke swing arm. Atenx juga memberikan skidplate di bawah mesin agar terkesan lebih padat.

Bagian sasis tak banyak ubahan, karena Atenx tak ingin mengubah ergonomi berkendara Heru. Pada sasis belakang hanya membuang braket bodi standar V-ixion. “Untuk memberi tempat braket bodi baru,” tambah pria yang bermarkas di Jl. Cempaka 1 no.2,

 ?? FOTO: RANDY ??
FOTO: RANDY
 ??  ?? Tangki ala Yamaha XSR155 dapat menampung sampai 12 liter bensin
Skid plate di bawah mesin agar tampilan lebih padat
Knalpot underseat custom dari stainless steel, lebih ringkas dan rapi
Tangki ala Yamaha XSR155 dapat menampung sampai 12 liter bensin Skid plate di bawah mesin agar tampilan lebih padat Knalpot underseat custom dari stainless steel, lebih ringkas dan rapi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia