Otomotif

SUZUKI KARIMUM WAGON R GANTI PELEK

-

Halo Bung Andhika, saya mau Tanya beberapa hal mengenai Suzuki Karimum Gagon R GL 2015. Bila saya ingin mengganti pelek dan bannya dengan yang lebih besar, maksimal pakai ukuran berapa ya yang tidak banyak mengubah kaki-kaki? Dan ukuran bannya yang pas berapa? Soalnya pelek dan ban standarnya kecil banget.

Terus, belakang ini mobil saya ini terasa bergetar hingga ke setir saat mesin langsam atau ketiba baru dinyalakan. Itu kenapa? Apakah ada masalah pada mesinnya? Mohon pencerahan­nya Bung! Terima kasih sebelumnya!

Irfan Hadi – Sukabumi, Jabar

Hallo juga Kang Irfan. Mengenai niat Anda mengganti pelek dan ban Karimun Wagon R GL, bila tetap ingin mempertaha­nkan faktor kenyamanan, kami sarankan sebaiknya penggantia­nnya tak lebih besar 2 step dari ukuran standar. Paling aman sih cukup naik 1 step saja dari ukuran standar.

Sekadar informasi, diameter pelek standar Wagon R adalah ring 13 inci. Nah, pelek tersebut bisa Anda ganti dengan yang rinf 14 inci kayak Wagon R tipe GS. Sementara ukuran bannya pakai yang berprofil 175/65R14. Namun boleh-boleh saja bila Anda ingin menggunaka­n ban yang lebih lebar sedikit, misalnya ukuran 185/60R14.

Lalu mengenai getaran yang Anda rasakan sampai ke setir, saya curiganya engine mounting bagian kanan Wagon R Anda itu sudah mulai aus. Coba deh periksakan ke bengkel. Kalau memang sudah rusak, segera lakukan penggantia­n, agar berkendara Anda dan keluarga jadi lebih nyaman.

 ??  ?? DOK.OTOMOTIF
DOK.OTOMOTIF
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia