Otomotif

CARA MUDAH CEGAH MENGUNING

-

Mika

lampu motor yang sudah berumur, terutama yang berbahan plastik, sering berubah menguning jika perawatann­ya tidak benar. Itu terjadi kendati saat kotor terutama sehabis kehujanan langsung dicuci, apalagi jika dibiarkan saja.

“Kalau hanya sekedar dicuci sehabis terkena hujan, sepertinya tidak akan bisa mencegah menguning (Gbr.1). Karena zat asam pada air hujan akan melekat pada

headlamp dan membuatnya menguning ketika sering terkena sinar matahari,” buka Andry Rinaldi owner Soul Wash.

Untuk perawatann­ya, Andry memberikan tips mudah agar Anda bisa melakukann­ya di rumah. Pertama, cuci headlamp menggunaka­n air bersih dan berikan sabun cuci motor menggunaka­n media busa secara merata (Gbr.2).

“Setelah selesai dicuci, keringkan terlebih dahulu dari air. Kemudian siapkan cairan pelindung headlamp seperti Meguiars headlight protectant (Gbr.3) yang biasa dijual Rp 180 ribu, atau WAXCO plastic lamp cover (Gbr.4) yang hanya sekitar Rp 60 ribu,” saran Andry.

“Cara pakainya tinggal tuangkan satu di antara dua cairan tersebut pada polishing pad berbahan halus. Kemudian oleskan secara merata pada seluruh headlamp menggunaka­n tangan secara perlahan (Gbr.5).”

Setelah itu tunggu beberapa detik sampai cairan mengering. Tinggal hilangkan cairan menggunaka­n polishing pad yang masih bersih (Gbr.6).

Hasilnya mika lampu jadi bersih dan bebas dari kotoran yang melekat, serta tak akan mudah menguning. •

 ??  ??
 ?? FOTO: FAJRIN ??
FOTO: FAJRIN
 ??  ?? SOUL WASH: 0812-9005-6661
SOUL WASH: 0812-9005-6661
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia