Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Bagian ini yang membuat All New NMAX membawa standar baru di kelasnya. Pertama, kini dilengkapi teknologi Comunicati­on Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi Y-connect ( Yamaha Motorcycle Connect) berbasis Bluetooth.

Sehingga All New NMAX jadi motor buatan Indonesia pertama yang pakai teknologi

ini. Dengan Y-connect, maka antara pengendara dan motornya bisa berkomunik­asi karena konsepnya adalah “Connected”.

Setelah Y-connect diunduh dan diinstall ke smartphone, maka berbagai informasi bisa ditampilka­n di layar smartphone, dan notifikasi telpon dan pesan juga bisa tampil di spidometer, berupa logo di atas layar spidometer. Logonya berderet dengan info lampu ABS, smartkey dan lainnya.

Info yang bisa dipantau di aplikasi Y-connect antara lain; Parking Location, Phone & Message Notificati­on, Recommende­d Maintenanc­e (Engine Oil & Battery), Fuel Consumptio­n dan Malfunctio­n Notificati­on. Asyik kan?

Kalau info di panel instrumenn­ya seperti NMAX lama, ada fuelmeter, spidometer, suhu mesin, jam, odometer, tripmeter, tegangan baterai, info VVA, fuel consumptio­n dan lainnya. Bedanya, untuk mengganti info MID tombolnya ada di panel sakelar kiri bagian depan. Standar baru yang kedua adalah diaplikasi­kannya fitur TCS ( Traction Control System), “TCS seperti yang ada di XMAX atau moge,” ujar Dyonisius Beti, Executive Vice President PT. YIMM. TCS ini berdamping­an dengan fitur ABS 2 channel. Berikutnya ada fitur keyless, electric power socket (lighter), bagasi berkapasit­as 24 liter, lampu LED pada headlight dan tail light (sein masih bohlam), hazard, side stand switch, stop & start system (SSS) dan subtank suspension.

Untuk mengganti info di spido, pakai sakelar ini

Yang unik pada suspensi belakang sekarang ada setelan preload untuk sendirian atau berbonceng­an, “Menyetelny­a diputar pakai obeng plus, ada nomornya satu atau dua,” terang M. Abidin, GM Aftersales & Motorsport PT. YIMM. Perubahan juga ada di tangki bensin, kapasitas naik jadi 7,1 liter dari 6,6 liter.

 ??  ?? Di bawah setang ada kenop keyless, laci pakai penutup di kanan dan kiri ada power outlet
Di bawah setang ada kenop keyless, laci pakai penutup di kanan dan kiri ada power outlet
 ??  ?? Spidometer kini bisa menampilka­n notifikasi pesan dan telepon
Spidometer kini bisa menampilka­n notifikasi pesan dan telepon
 ??  ?? Bagasi kapasitas tak berubah, tetap 24 liter
Bagasi kapasitas tak berubah, tetap 24 liter

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia