Otomotif

BEDA REM AXIAL & RADIAL

-

Halo Bang Aant, apa kabar? Mau tanya bedanya (dan kalau dilihat cara membedakan) rem cakram axial dan radial? Terima kasih dan maju terus Otomotif.

Johanes Kristanto – Via email

Halo juga Mas Johanes, kabar baik, semoga Anda juga dalam kondisi sehat- sehat selalu.

Apa bedanya rem cakram axial dan radial? Paling terlihat dari baut pegangan kalipernya. Rem axial posisi baut kaliper mengarah ke samping atau 90 derajat dengan cakramnya, jadi membuka bautnya mudah. Karena bisa lurus dari sisi samping motor. Ini biasa ditemukan di motor kecil, termasuk semua motor lokal.

Sementara kalau rem radial, posisi baut kaliper sejajar dengan cakramnya, atau kalau dilihat dari samping bautnya mengarah ke belakang. Makanya dudukan kaliper tampak lebih memanjang tergantung besarnya cakram.

Dengan dudukan model demikian, kaliper rem model radial akan lebih rigid. Makanya lebih mudah ditemukan di motor berperform­a tinggi misal di moge yang memang butuh pengereman yang lebih kuat.

Ciri lainnya, karena kalipernya pakai dudukan fix, biasanya dikombinas­ikan dengan cakram floating, minimal semi-floating.

Oiya bukan hanya kaliper, master rem juga ada yang axial dan radial. Yang axial tentu juga seperti yang biasa ditemukan di motor kecil, posisi pistonnya sejajar dengan setang, sedang yang radial membentuk sudut 90 derajat juga. Efeknya reflek atau respons rem akan lebih bagus yang radial.

konsultasi.r2@gmail.com :AANT ASUHAN

 ??  ?? OTIF OTOM DOK.
OTIF OTOM DOK.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia