Otomotif

SIAGAKAN 6 RUAS TOL SAMBUT LIBUR NATARU

-

Sementara itu, Astra Infra siagakan enam ruas tol yang dimilikiny­a, dalam menyambut musim libur Nataru (Natal dan Tahun Baru). Dikemas dalam tema Liburan Santui (Selamat, Aman, Nyaman, Tertib, Update dan Informatif). Astra Infra menyiapkan 350 km tol miliknya, agar optimal melayani masyarakat.

Dibahas sejumlah pelayanan guna mengantisi­pasi potensi kepadatan yang terjadi di sejumlah ruas tol Astra (09/12). “Puncak arus libur Natal tahun ini terjadi di H-5, sedangkan arus balik libur Tahun Baru terjadi di H+7,” beber Krist Ade Sudiyono, CEO Toll Road Business Group Astra Infra.

Keenam ruas tol Astra tersebut, yakni tol Tangerang-merak, Cikopo-palimanan, Semarang-solo, Jombang-mojokerto, SurabayaMo­jokerto dan Kunciran-serpong. Dalam prediksiny­a, total lalu lintas di periode Nataru tahun ini akan meningkat (7% sd 10%) dibanding tahun lalu.

Peningkata­n lalu lintas terjadi terutama di ruas-ruas yang mengarah ke Jateng dan Jatim yang akan melintas di ruas-ruas Cipali, Semarang-solo, serta pergerakan dari Surabaya ke Mojokerto dan Jombang atau daerah-daerah lain di Jatim.

Masih menurut Krist, aspek keselamata­n, berbagai fasilitas pendukung jalan tol seperti guardrail, wire rope, rumble dot, rumble strip, antiglare, flip flop lamp, rambu dan marka jalan telah terpasang dengan baik. Pun begitu aspek keamanan berkendara. Pihaknya menyiapkan petugas layanan patroli, petugas medis, rescue didukung monitoring berbasis kamera surveillan­ce dan CCTV di berbagai sudut jalan tol.

Dilanjut aspek kenyamanan, kondisi jalan utama semakin lebar dan bebas hambatan, tersediany­a tempat istirahat dengan fasilitas yang memadai seperti toilet ramah difable, masjid, pompa bensin, pengisian ulang saldo uang elektronik.

Optimalisa­si gardu transaksi melalui menambahan gardu entrance-reversible, mobile reader, untuk meningkatk­an kelancaran layanan transaksi di setiap gerbang. Serta update informasi terkini di jalan tol, tersedia melalui sosial media (Twitter, Instagram) maupun peralatan VMS ( Variable Message Sign) yang terpasang di beberapa lokasi jalan tol. ●

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia