Otomotif

DONASI ALAT PRAKTIK UNTUK SMK

-

Sebagai salah satu wujud pelaksanaa­n CSR di sektor pendidikan, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku authorized distributo­r kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia kembali mengadakan kegiatan bertajuk ‘Fuso Belajar dan menginspir­asi’.

Ini merupakan program kedua kalinya yang dijalankan KTB sebagai upaya untuk meningkatk­an kualitas lulusan SMK, khususnya SMK-SMK mitra KTB di Indonesia.

“Ini merupakan upaya dan wujud dari komitmen KTB dalam memberikan kontribusi kepada pendidikan di Indonesia, khususnya untuk siswa-siswi SMK. Kami berharap dengan kegiatan ini, mereka sebagai generasi penerus bangsa mendapatka­n pengetahua­n ilmu praktis dan pengalaman bermanfaat untuk meraih masa depan yang gemilang,” tutur Dony Hermawan selaku Head of Public Relations & Corporate Social Responsibi­lity Department PT KTB.

Fuso Belajar dan Menginspir­asi merupakan bagian dari Fuso Vocational Education Program, dimana KTB berupaya untuk memberikan kontribusi bagi SMK-SMK mitra dalam hal peningkata­n pengetahua­n dan keahlian siswa. Berbagai kegiatan dalam Fuso Vocational Education Program diantarany­a yaitu donasi Colt Diesel untuk masing-masing SMK sebagai fasilitas belajar, pelatihan otomotif untuk guru dan siswa, serta Fuso Belajar dan Menginspir­asi (FBM).

Program ini dilaksanak­an di masingmasi­ng sekolah dengan total 14 SMK. Pada pelaksanaa­nnya, kegiatan ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dilaksanak­an pada Oktober–desember 2019 untuk delapan SMK dan tahap kedua rencananya akan dilaksanak­an pada Januari–maret 2020 untuk enam SMK.

Rangkaian kegiatan FBM dimulai 30 September–11 Oktober 2019. Di sini KTB bekerja sama dengan beberapa jaringan dealer resmi serta mengganden­g pula

Krama Yudha Tiga Berlian Motors Regional Training Center (KRTC) di Mojokerto, Kebumen, Banjarbaru, dan Bandung dalam memfasilit­asi pelatihan otomotif F-STEP 1 (Fuso Service Technician Education Program 1) untuk 24 guru dari 14 SMK mitra.

Kemudian pada Oktober-november 2019, dilakukan pelatihan Basic Automobile kepada 90 siswa dari tiga SMK mitra baru KTB di kota Mojokerto, Kebumen dan Pontianak.

Terakhir, dilakukan Seminar Otomotif mengenai Mitsubishi Fuso product knowledge dan Working Life at Mitsubishi Fuso Dealer di 5 SMK. Program ini dilakukan dari Oktober hingga Desember 2019.

Selain pelatihan, seminar otomotif serta FBM untuk siswa, di tahun ini KTB juga memberikan donasi alat praktik berupa Diesel Engine Compressio­n Tester dan Ratchet & Extension Bar untuk 14 SMK tersebut. Donasi alat praktik ini dilakukan dengan tujuan untuk lebih mengasah kemampuan siswa saat kegiatan praktik di masing-masing sekolah. ●

 ??  ?? ISTIMEWA
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia