Otomotif

TAK SEKADAR CUCI KOLONG

-

Semakin seringnya hujan belakangan ini, pertanda musim penghujan mulai tiba. Kalau Anda pencinta kebersihan mobil, saatnya lah untuk semakin rajin bebersih tunggangan kesayangan.

Apalagi momen setelah hujan reda, pastinya banyak kotoran menempel bersama cipratan air terutama bagian bodi dan kolong mobil. “Setelah hujan, mobil sebaiknya segera dibilas dengan air. Sebab, jamur berkembang pesat dalam keadaan seperti ini (musim hujan, red),” terang Ricky Limarga, pemilik Clean N Tidy Serpong, Tangerang Selatan.

Selain menimbulka­n jamur, kotoran yang menempel, terutama di bagian kolong mobil lama kelamaan, bisa menumpuk dan menimbulka­n karat. “Terutama pada bagian-bagian pelat bodi yang tipis yang kadang tidak terlihat,” kata Ricky lagi.

Mengcegah hal itu, Clean N Tidy punya paket perawatan kebersihan bagian kolong, yang disebut Undercarri­age Cleaning. Paket bersih-bersih ini ini beda dari paket cuci atau car wash pada umumnya, yang biasanya sudah sudah termasuk dengan cuci kolong atau undercarri­age wash.

Perawatan kebersihan pada bagian kolong atau biasa disebut undercarri­age cleaning, dilakukan menggunaka­n shampo khusus dan degreaser atau perontok kotoran yang lengket.

Bagian-bagian di bawah mobil yang termasuk dalam paket perawatan biasanya seperti kaki-kaki meliputi peranti rem, pelek, ban, per dan sokbreker, hingga tangki dan pipa knalpot.

“Namun untuk beberapa bagian yang sensitif seperti sensor-sensor, kita biasanya diskusikan dulu dengan pemilik mobilnya,” jelas Ricky.

Lantaran termasuk dalam pekerjaan detailing, biasanya salon mobil macam Clean N Tidy Serpong, menggunaka­n kuas sebagai alat bantunya, terutama untuk bagianbagi­an yang sulit dicapai.

“Agar lebih bersih, setelah proses pengeringa­n dilift hidrolik, biasanya kita angkat mobilnya lagi menggunaka­n lift portable hidraulic, untuk finishing dan pengecekan tahap akhir pada bagianbagi­an yang mungkin masih tertinggal dengan bantuan cahaya dari lampu sorot 30 watt,” kata Ricky menjelaska­n ritual undercarri­age cleaning.

Menurutnya lagi, untuk pengerjaan detailing bagian kolong seperti ini, rata-rata salon mobil butuh waktu 4-5 jam, “Itu biasanya tergantung kondisi dan keadaan mobilnya ya,” katanya lagi.

Nah, untuk biayanya, umumnya salon mobil mengenakan biaya sekitar Rp 400 ribu untuk pelayanan seperti ini. “Akan lebih baik kalau melakukan ritual ini minimal sebulan sekali, agar kondisi kolong mobil tetap kinclong,” tutupnya. •

 ?? FOTO: RENDY ??
FOTO: RENDY
 ??  ?? Selain tampil kinclong, kalau ada kebocoran atau rembes oli jadi makin terlihat
Selain tampil kinclong, kalau ada kebocoran atau rembes oli jadi makin terlihat
 ??  ?? Musim hujan, semestinya cuci mobil lebih sering, lantaran jamur berkembang biak cepat di musim ini
Musim hujan, semestinya cuci mobil lebih sering, lantaran jamur berkembang biak cepat di musim ini
 ??  ?? Tak hanya pelek dan ban saja, undercarri­age cleaning meliputi kakikaki hingga pengereman
Tak hanya pelek dan ban saja, undercarri­age cleaning meliputi kakikaki hingga pengereman

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia