Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Yamaha seperti sedang mengamuk soal fitur baru yang disematkan pada All New NMAX 155. Hampir semua fitur ada di sini. Dimulai dari panel instrumen dengan desain baru.

Isinya tetap lengkap seperti di NMAX lama, ada spidometer, odometer, fuelmeter, tripmeter, trip oil, trip v-belt, fuel consumptio­n, indikator VVA, suhu mesin, tegangan baterai, dan jam. Tambahanny­a ada info smartkey dan ABS, tapi cuma di versi Connected/abs.

Tak berhenti di situ, juga di versi Connected/abs, Yamaha menyematka­n teknologi Communicat­ion Control Unit (CCU) yang terkoneksi via Bluetooth dengan Y-connect ( Yamaha Motorcycle Connect).

Fitur ini pertama kali hadir di motor buatan Indonesia. Y-connect memungkink­an pengendara terhubung dengan motor, menampilka­n informasi Fuel Consumptio­n, Malfunctio­n Notificati­on, Parking Location, Phone & Message Notificati­on, dan Recomended Maintenanc­e ( Engine Oil & Battery). Info tersebut dipantau melalu aplikasi yang di- install pada smartphone pengendara.

Saat ada pesan atau telepon masuk, maka akan ada notifikasi berupa lambang yang menyala di spidometer bagian atas. Sehingga pengendara bisa segera menepi untuk membuka smartphone untuk menerima telpon atau membaca pesan.

Sama seperti NMAX,

PCX dibekali dengan spidometer digital bedanya menggunaka­n tipe negative display. Isinya ada spidometer, ada juga tripmeter, odometer, jam dan average fuel consumptio­n. Termasuk indikator Idling Stop System (ISS), Smart Key dan lampu ABS pada tipe ABS. Kecerahan layar juga dapat bisa disetel 5 tingkat.

Smart Key System juga menjadi kelengkapa­n standar All New NMAX 155 varian Connected/abs. Sedangkan pada PCX fitur ini sudah terlebih dahulu disematkan. Smart key ini terintergr­asi dengan immobilize­r, sistem alarm dan Answer Back System. Smart key ini juga berfungsi untuk membuka tutup tangki bensin serta jok.

Yamaha juga membekali All New NMAX 155 dengan electric power socket untuk menambah daya smartphone. Sama seperti PCX yang memiliki colokan listrik DC 12 volt 1 Ah di konsol boks sisi depan kiri.

Beralih ke kaki-kaki, All New NMAX 155 memiliki desain palang baru yang mirip dengan Aerox 155. Kendati baru, ukuran ban tetap sama yaitu 110/70-13 dan 130/70-13. Sedang Honda PCX mengadopsi pelek model palang 8. Diameterny­a 14 inci dengan lebar 2.15x14 inci dan 3.50x14 inci dibalut ban 100/80-14 dan 120/70-14.

Fitur ABS ( Anti-lock Braking System) tak absen pada All New NMAX 155. Dengan tipe 2 channel dan masing- masing cakram dijepit oleh kaliper satu piston. ABS pada NMAX bekerja berdamping­an dengan TCS atau Traction Control System.

Sekaligus membuat All New NMAX motor pertama di kelas 150 cc yang mengadopsi fitur TCS, yang bisa mencegah roda selip saat akselerasi di jalan licin.

Honda menyediaka­n All New PCX 150 dalam dua varian, CBS dan ABS. Tipe CBS atau Combi Brake System dilengkapi kaliper depan 3 piston, 2 piston utama dan 1 piston sebagai perangkat CBS. Sedang di tipe ABS, sistem antilock- nya hanya satu channel alias hanya berfungsi di rem depan saja.

Tangki bensin di NMAX kini kapasitasn­ya naik jadi 7,1 liter, sebelumnya hanya 6,6 liter. Sedangkan PCX boleh bangga karena tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 8 liter.

Untuk bagasi, MAXI skutik Yamaha ini memiliki kapasitas 24 liter. Masih lebih kecil dari PCX dengan kapasitas bagasi yang mencapai 28,8 liter.

Berikutnya Yamaha menyematka­n lampu LED pada headlamp dan stoplamp, sedangkan sein masih bohlam biasa. Beda dengan PCX yang sudah mengusung LED di seluruh lampu. Satu yang kompak, keduanya telah dilengkapi dengan lampu hazard.

Satu lompatan besar pada sektor mesin, Yamaha memberikan dapur pacu baru pada All New NMAX 155. Sudah pakai SMG ( Smart Motor Generator) dan SSS ( Stop & Start System). Menyalakan mesin kini lebih senyap dari generasi sebelumnya. Sedangkan Honda sudah terlebih dahulu menggunaka­n ACG Starter dan tentu saja Idling Stop System (ISS) pada PCX.

Suspensi belakang NMAX pakai subtank, sebutan untuk reservoir gas terpisah. Kemudian sudah ada setelan preload yang dapat diatur pakai obeng plus. Sedangkan Honda masih menggunaka­n sok belakang biasa tanpa tabung tambahan.

 ??  ?? Suspensi belakang NMAX lebih sporty dengan tabung berkelir emas lengkap dengan setelan preload
Suspensi belakang NMAX lebih sporty dengan tabung berkelir emas lengkap dengan setelan preload
 ??  ?? Rem NMAX pakai ABS 2 channel, segala
Tinggi jok mirip, tapi karakter busanya beda
Rem NMAX pakai ABS 2 channel, segala Tinggi jok mirip, tapi karakter busanya beda
 ??  ?? Kapasitas bagasi PCX mencapai 28,8 liter, 4,8 liter lebih besar dibanding NMAX
Kapasitas bagasi PCX mencapai 28,8 liter, 4,8 liter lebih besar dibanding NMAX
 ??  ?? Keduanya kini pakai smart key, kecuali NMAX yang versi standar
Keduanya kini pakai smart key, kecuali NMAX yang versi standar
 ??  ?? Bluetooth,
Bluetooth,
 ??  ??
 ??  ?? Spidometer All New NMAX 155 lebih advanced karena dapat terkoneksi dengan smartphone melalui tapi khusus tipe Connected/abs
Spidometer All New NMAX 155 lebih advanced karena dapat terkoneksi dengan smartphone melalui tapi khusus tipe Connected/abs
 ??  ?? bahkan kini ada TCS
bahkan kini ada TCS
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia