Otomotif

PERFORMA

-

Nex II Cross dibekali mesin berkapasit­as bersih 113 cc satu silinder berpending­in udara dengan teknologi Suzuki Eco Performanc­e. Ukuran bore dan stroke 51 mm x 55,3 mm dengan konstruksi head SOHC 2 katup. Menghasilk­an tenaga sebesar 9,3 dk di 8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm pada 6.000 rpm.

Mesin ini belum dilengkapi seamless start macam ACG ( Alternatin­g Current Generator) starter di Honda ataupun SMG ( Smart Motor Generator) milik Yamaha. Sehingga ketika dinyalakan masih terdengar suara kasar.

Namun, Suzuki telah membekali fitur easy

start system. Hanya perlu menekan sekali tombol start tanpa perlu ditahan. Dinamo starter akan berputar 3-5 detik sampai mesin menyala.

Tenaga yang dihasilkan mumpuni untuk berkendara harian, hanya putaran bawah terasa cukup lemot. Jadi harus sering-sering membuka gas yang tentunya mempengaru­hi konsumsi bahan bakar, terutama ketika ingin menyalip kendaraan di depan.

Dari hasil tes akselerasi pakai Racelogic, ternyata karakterny­a memang smooth. Misal 0-60 km/jam butuh waktu 7,2 detik. Itu lebih lambat 0,3 detik dari Nex II standar. Bahkan meraih 100 km/jam perlu 37,3 detik, sedang Nex II standar hanya 31,9 detik.

Yang unik adalah top speed pada spidometer menunjukka­n angka tertinggi di 98 km/jam, tanpa menyentuh angka 100. Namun, pada Racelogic didapat 101,7 km/jam. Kondisi sudah gaspol sampai jarum spido tak mau naik lagi. Data lengkapnya cek tabel di samping ini ya!

Performa pengereman terbilang baik, handel rem juga empuk ketika ditekan. Rem cakram di depan dan teromol di belakang cukup pakem untuk memperlamb­at laju dan menghentik­an motor.

 ??  ?? Cover Muffler terpasang rapi di knalpot, finishing logam memberi kesan tangguh
Cover Muffler terpasang rapi di knalpot, finishing logam memberi kesan tangguh
 ??  ?? Meter Visor menjadi pemanis di batok spidometer
Meter Visor menjadi pemanis di batok spidometer
 ??  ?? Pelek baru kini mengakomod­ir ban tubeless, versi Accessorie­s juga mendapat Rim Decal
Pelek baru kini mengakomod­ir ban tubeless, versi Accessorie­s juga mendapat Rim Decal
 ??  ?? Sudah pakai Easy Start System, hanya perlu menekan sekali tombol start tanpa harus ditahan
Sudah pakai Easy Start System, hanya perlu menekan sekali tombol start tanpa harus ditahan
 ??  ?? USB charger tersedia di laci kiri, tapi hanya ada di Nex II Cross versi Accessorie­s
USB charger tersedia di laci kiri, tapi hanya ada di Nex II Cross versi Accessorie­s

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia