Otomotif

GATHERING NASIONAL AJANG PELIHARA KEBHINEKAA­N

-

Kumpulan pemilik Toyota Wish yang tergabung dalam Our Wish Community menggelar gathering nasional (Gatnas) ke-5 pada Jumat-minggu (22-24/11). Mengangkat tema ‘Keep Unity in Diversity’ atau memelihara kebhinekaa­n dalam wadah NKRI, kegiatan ini diadakan di Lembang, Jabar.

Acara ini dihadiri hampir seluruh chapter komuitas Toyota Wish seluruh Indonesia. Mulai Batam, Jawa, Bali hingga Madura. Berbagai kegiatan seru dan menyenangk­an dilakukan para anggota.

Seperti di hari kedua, mereka melakukan hiking ke area perkebunan dan persawahan yang masih natural. Tujuannya untuk pengenalan kepada anak-anak supaya lebih mencintai lingkungan. Dalam kesempatan ini mereka juga memberikan beberapa tanaman untuk menggiatka­n reboisasi kepada penduduk sekitar.

Menjelang siang masuk ke agenda boys toys, dimana para peserta diberikan kesempatan untuk show off dari modifikasi yang dilakukan. Selain itu juga ada tune up serta coaching clinic dari para sponsor.

Malam harinya merupakan acara puncak. Selain diisi dengan makan malam dan pesta barbeque outdoor, member Our Wish juga berbagi kebahagiaa­n dengan memberikan donasi kepada adik-adik dari panti asuhan di Lembang. Mereka ingin menunjukka­n bahwa komunitas bukan sekedar show off atau ajang berhura-hura, tetapi dengan komunitas yang baik akan memberikan manfaat buat sesame.

Buat yang ingin bergabung ke komunitas ini, silakan hubungi Gita di nomor 0811195586. •

Tahunini OTOMOTIF kembali berkesempa­tan mengunjung­i pameran otomotif bersekala internasio­nal yaitu Automechan­ika Shanghai 2019, berkat undangan dari penyelengg­ara, Messe Frankfurt. Di 2019 ini, event pameran otomotif yang fokus ke komponen dan part pendukung otomotif, sudah masuk tahun ke 15 penyelengg­araan.

SKALA BESAR

Setiap tahunnya Automechan­ika Shanghai terus menuai sukses. Bayangkan saja, dari pertama digelar di 2004, event ini hanya mendatangk­an 235 tenant dan tahun ini sukses dengan hadirnya 6.590 tenant, yang diikuti 46 negara.

Bahkan, tempatnya sangat luas sekali, yaitu di dalam bangunan dengan luas 360.000 meter persegi, dua lantai di National Exhibition and Convention Center, Shanghai, Cina (3-6/12).

Event ini merupakan pameran bagi pemilik atau produsen yang bergerak di bidang otomotif untuk memamerkan dan mencari pembeli potensial dari berbagai belahan dunia. Karena pengunjung juga banyak sekali dari luar negeri, tak hanya dari Cina.

Enggak heran, banyak produsen lokal (Cina) dan produsen luar negeri berskala besar hadir di sini. Misalnya perusahaan lokal seperti Jiangsu Carzone Auto Part Co Ltd yang memimpin penjualan komponen otomotif lewat e-commerce yang bekerja sama dengan alibaba.com.

Kemudian ada Ningbo Newtech Auto Accessorie­s Co Ltd perusahaan Cina yang menyuguhka­n bumper bar, roof rack, roof boxes, bicycle rack. Zhejiang Asia Pasific Mechanical & Electronic Co. Ltd (APG) pembuat komponen rem, yang juga meriset kendaraan autonomus dan masih banyak lagi yang lainnya.

Total ada 15 hall yang dibagi dalam beberapa kategori. Part and Component, Electronic­s & System, Accessorie­s, Customisin­g, Repair & Maintenanc­e, REIFEN ( Tyre and Wheels) dan Tomorrow’s Service & Mobility.

HAL BARU

“Ada kategori baru di Automechan­ika Shanghai 2019, yaitu dengan hadirnya hall Customisin­g. Area ini berisi tenant penyedia part modifikasi, aksesories dan Motorsport & High Performanc­e,” ujar Fiona Chiew, Deputy General of Messe Frankfurt (HK) Ltd., selaku penyelengg­ara.

Yang benar-benar baru di Automechan­ika Shanghai 2019 yaitu Customisin­g (komponen modifikasi dan aksesories), sedangkan Motorsport & High Performanc­e pertama diperkenal­kan tahun lalu.

Juga yang baru ada Tomorrow’s Service & Mobility yang berada di area untuk pameran komponen kendaraan listrik, konektivit­as di sistem kendaraan listrik, dan lainnya. Di booth ini hadir Al Panda Bus bikinan Deefblue AI (Artifical Intelligen­ce), yang merupakan calon alat transporta­si massal di Cina yang menggunaka­n motor listrik dan diproyeksi­kan menjadi bus autonomus atau menyetir sendiri.

“Dengan hadirnya kategori baru

ini, diharapkan event Automechan­ika tidak dikenal hanya pameran komponen otomotif, part aftermarke­t dan perbaikan saja, tetapi juga menyuguhka­n penyedia part kustom. Sedangkan booth Tomorrow’s Service & Mobility hadir untuk menjawab tantangan pemerintah Cina, yang mengharusk­an mencari tenaga terbarukan untuk alat transporta­si,” harap Fiona, saat ditemui OTOMOTIF.

Event Automechan­ika wajib didatangi bagi yang ingin mencari produsen atau penyuplai komponen otomotif, karena hampir semua produk yang berbau otomotif ada di sini. Atau bisa juga buat Anda yang merupakan produsen komponen otomotif yang ingin ekspansi ke pasar ekspor.

Banyak buyer datang dari dalam negeri (Cina) dan dari luar negeri yang potensial hadir di sini untuk berburu part yang kemudian akan dijual di negaranya. “Di tahun depan kami akan terus berusaha menghadirk­an event Automechan­ika yang lebih dari tahun ini,” ucap Fiona Chiew. •

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA
 ??  ??
 ??  ?? Jiangsu Carzone Autoparts Co Ltd. Penguasa e-commerce untuk penjualan part otomotif
Jiangsu Carzone Autoparts Co Ltd. Penguasa e-commerce untuk penjualan part otomotif
 ??  ?? Lampu aftermarke­t banyak pilihan
Lampu aftermarke­t banyak pilihan
 ??  ?? APG perusahaan pembuat komponen dan sistem pengereman, serta pembuat mobil autonom
APG perusahaan pembuat komponen dan sistem pengereman, serta pembuat mobil autonom
 ??  ?? YKW banyak suguhkan pilihan pelek
YKW banyak suguhkan pilihan pelek
 ??  ?? Brembo enggak mau ketinggala­n ikut di event ini
Brembo enggak mau ketinggala­n ikut di event ini
 ??  ?? Pembuat body kit mudah dicari
Pembuat body kit mudah dicari

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia