Otomotif

PERILAKU AMAN

-

Keselemata­n berkendara mutlak sudah harus jadi kebutuhan bagi para pengendara dan juga penumpang. Untuk bisa menjadi penggguna lalu lintas yang bertanggun­gjawab, pengendara wajib konsentras­i pada kondisi jalan. Sementara itu, penumpang juga jangan menciptaka­n suasana distraksi bagi pengendara.

Kolaborasi kedua perilaku menjadi salah satu faktor dalam menciptaka­n safety driving selama berkendara. Perilaku dan kampanye safety driving ini sudah cukup banyak mengakar dan dianut oleh berbagai komunitas otomotif.

Nah, untuk kembali menyegarka­n perilaku tersebut, PT SGMW Motor Indonesia ( Wuling Indonesia)

bersama dengan Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) dan juga

OTOMOTIF menggelar acara bertajuk Wuling Community Safety Driving Competitio­n.

Acara ini melibatkan tiga komunitas pengguna Wuling. Yaitu Wuling Club Indonesia ( WLCI), Cortezian dan Wuling Almaz Indonesia ( WALI). Total peserta yang berpartisi­pasi 27 orang.

“Ini merupakan pertama kalinya Wuling mengadakan kegiatan safety driving competitio­n dengan para komunitas. Kegiatan ini adalah lanjutan dari Wuling Community Safety Driving Coaching Clinic yang sudah diadakan pada Minggu (27/10) lalu,” ujar Brian Gomgom Simbolon, Media Relation Supervisor Wuling Motors Indonesia dalam sambutanny­a.

“Kalau sebelumnya teman-teman komunitas sudah dapat teorinya, hari ini tinggal mempraktek­kan saja apa yang sudah diajarkan para instruktur dari SDCI,” tambah Brian, sapaannya dalam acara yang digelar di Tangsel (15/12).

Di sini, para anggota komunitas ditantang menyelesai­kan berbagai rintangan sambil berusaha mencetak waktu tercepat. “Kompetisin­ya sendiri dibagi menjadi dua sesi dengan layout berbeda. Ada beberapa faktor yang kami nilai di sini, yaitu fokus, akurasi, teknik zig-zag, kemampuan mengambil keputusan dan safe braking. Kami juga memberikan penalti 3 detik bagi peserta yang melakukan kesalahan seperti menyentuh/menabrak kun, melewatkan pit stop hingga berhenti tidak tepat di batas yang sudah ditentukan,” ujar Yudi Setira selaku Senior Instructor SDCI.

Para peserta pun diperboleh­kan memilih mobil yang yang akan dipakai dalam kompetisi ini. Antara lain Wuling Confero, Wuling Cortez dan Wuling Almaz.

“Eventnya seru banget. Kalau bisa sih ke depannya bisa diadain lagi dan treknya juga diperbesar atau ditambah tantangann­ya. Oiya, skalanya kalau bisa juga diperbesar, jadi teman-teman di daerah juga bisa ikutan,” ujar Anthony Hakim dari WLCI.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini karena sejalan dengan

campaign #Streetmann­ers yang kami gaungkan. Mudah-mudahan teman-teman komunitas Wuling bisa menjadi contoh bagi pengendara lain dalam berkendara yang baik dan benar, dan tentunya safety,” tutur Panji Maulana selaku Editor in Chief

OTOMOTIF. • RSP

 ?? FOTO: RANDY ??
FOTO: RANDY
 ??  ?? Selamat buat para pemenang
Selamat buat para pemenang
 ??  ?? Peserta harus memasukkan ring ke dalam kun
Peserta harus memasukkan ring ke dalam kun
 ??  ?? Wajib jawab soal di sesi kedua
Wajib jawab soal di sesi kedua
 ??  ?? Rintangan zig-zag untuk menilai respons pengendara
Rintangan zig-zag untuk menilai respons pengendara
 ??  ?? Panji Maulana. Komunitas harus bisa menjadi teladan bagi pengemudi lain dalam berkendara safety
Panji Maulana. Komunitas harus bisa menjadi teladan bagi pengemudi lain dalam berkendara safety
 ??  ?? Sony Susmana. Layout trek untuk menguji respons dan fokus pengemudi
Sony Susmana. Layout trek untuk menguji respons dan fokus pengemudi
 ??  ?? Safety belt jangan sampai lupa Om!
Safety belt jangan sampai lupa Om!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia